Cak Thoriq: Yang Positif Corona Bertambah Saat Ini Total 6 Orang Di Lumajang

Cak Thoriq: Yang Positif Corona Bertambah Saat Ini Total 6 Orang Di Lumajang

12 View

Opera Timur – Bertambah lagi satu orang positif corona, atas nama AL, umur 47 tahun. Dari Kecamatan Pasirian. ASN di Lumajang. AL adalah peserta pelatihan TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia) di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, yang dilaksanakan tanggal 9 sampai 18 Maret 2020.

UNTUK DI KETAHUI BERSAMA, Setiap ada penambahan hasil SWAB yang dinyatakan positif, pengumuman yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang mengikuti mekanisme berjenjang. Jadi, yang pertama kali mengumumkan adalah pemerintah pusat melalui Kementrian Kesehatan, setelah itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan selanjutnya Pemerintah Kabupaten Lumajang baru mengumumkan. Mekanisme ini bisa dilihat dari update data yang selalu perubahannya didahului oleh data di tingkat provinsi.

BAGAIMANA MEKANISME PEMERIKSAAN SWAB. Sebelum pemeriksaan SWAB di dahului oleh pemeriksaan Repid yang bisa diketahui hasilnya dalam waktu 15 menit. Rapid adalah pemeriksaan berdasarkan tes darah. Bila hasil Repid positif dilanjutlan dengan SWAB (pengambilan air liur di hidung, mulut, dan tenggorokan). Selanjutnya bahan SWAB dikirim ke Surabaya untuk di analisa di Laboratorium di BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan) di Surabaya. Berikutnya, hasil SWAB dikirim ke Badan Penelitian Kesehatan di Kementrian Kesehatan. Nah, setelah verifikasi di Kementrian Kesehatan, baru di umumkan apakah positif atau negatif, yang diawali pengumumannya oleh Kementrian Kesehatan, kemudian Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan dilanjutkan pengumumannya oleh Pemerintah Kabupaten.

Cak Thoriq: Yang Positif Corona Bertambah Saat Ini Total 6 Orang Di Lumajang

Jadi, siapapun yang di nyatakan positif tentu berdasarkan validasi yang sangat akurat. ADA JUGA YANG MENJADI KETENTUAN, yaitu hasil Rapid tidak dapat dijadikan penentuan status positif seseorang terhadap virus corona. Karena itu, di Lumajang tidak mengumumkan hasil Rapid walaupun hasilnya dinyatakan positif

Keputusan positif yang diumumkan Pemerintah Kabupaten Lumajang, akan ditindaklanjuti dengan pemberitahuan kepada pasien untuk mendapatkan pemantauan kesehatan, dengan mekanisme langkah pencegahan corona.

YANG HARUS DI FAHAMI BERSAMA. Siapapun tidak ingin kondisi saat ini. Karena itu, TIDAK ADA MANIPULASI DATA, TIDAK ADA KEBOHONGAN HASIL LAB, karena semua dalam kontrol mekanisme yang tidak sederhana, dan yang harus difahami juga, tidak tiba tiba bisa diumumkan.

Cak Thoriq: Yang Positif Corona Bertambah Saat Ini Total 6 Orang Di Lumajang

Nah, Kenapa setiap yang positif corona harus diumumkan. Dengan diumumkan itu tentu kita semua bisa melakukan langkah pencegahan yang lebih terukur.

Saya yakin INSYAALLAH kita semua masyarakat Lumajang, bisa mengatasi musibah ini bersama sama.

https://www.facebook.com/1529741953997569/posts/2322743634697393/

Gallery for Cak Thoriq: Yang Positif Corona Bertambah Saat Ini Total 6 Orang Di Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published.