Pesan Nabi: Umat Islam Bagaikan Satu Tubuh

Pesan Nabi: Umat Islam Bagaikan Satu Tubuh

23 View

Opera Timur -Perumpamaan kaum Muslimin dalam urusan kasih sayang dan tolong-menolong bagaikan satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuh merasa sakit, maka menjalarlah penderitaan itu ke seluruh badan hingga tidak dapat tidur dan (merasa) panas.” Demikian suatu hadis Nabi Muhammad SAW, sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim.

Hadis itu menggambarkan bagaimana pertemanan dan persaudaraan harus dibangun. Juga tentang bagaimana kita menjadi teman yang baik bagi sahabat kita. Seringkali kita tidak bisa menjadi sahabat baik bagi teman-teman kita.

Sabda Rasulullah saw tersebut juga mengajarkan kepada kita untuk saling mencintai dengan teman-teman kita. Saat ini, jarang sekali kita menyaksikan persahabatan yang sehebat di masa Rasulullah.

Dikisahkan, saat Rasulullah dan para sahabatnya hijrah ke Madinah dari Mekah, mereka disambut dengan suka cita oleh penduduk Anshar (penduduk Madinah). Bahkan, serta-merta mereka menawarkan berbagai bantuan kepada kaum Muhajirin (penduduk Mekah yang hijrah ke Madinah). Dari mulai pakaian, tempat tinggal, hingga makanan dan keperluan hidup lainnya. Semua itu menunjukkan bagaimana persaudaraan dan persahabatan harus dijalin.

Sayangnya, hati kita seringkali beku. Kita sering tak peduli pada penderitaan teman atau sahabat. Ibarat tubuh yang sudah terpecah-pecah, ia tak merasakan lagi sakit yang menjalar di sekujur tubuhnya ketika kakinya terbakar api, misalnya.

Padahal, kita seharusnya menyadari bahwa perbedaan jangan menjadi alasan untuk tidak menjadi teman baik. Karena kita tetap satu tubuh, yakni sebagai umat Nabi Muhammad saw. Sebagai sesama orang yang beragama Islam, semestinya Muslim yang satu dengan Muslim yang lainnya adalah bersaudara. Mengapa mesti bertengkar? Pertengkaran hanya akan mengakibatkan kita terpecah-belah  [republika]

Leave a Reply

Your email address will not be published.