Tips Belajar Cepat dan Mudah Menjadi Ahli Coding
Tips Belajar Cepat dan Mudah Menjadi Ahli Coding

Tips Belajar Cepat dan Mudah Menjadi Ahli Coding

56 View

Tips Belajar Cepat dan Mudah Menjadi Ahli Coding – Dalam artikel sebelumnya, kita membahas tentang kondisi yang dapat membuat sulit atau lebih mudah untuk belajar coding.

Seperti yang kami janjikan dalam artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana kita memanfaatkan kondisi yang membuatnya lebih mudah dan mengatasi kondisi yang membuatnya sulit saat ini untuk belajar pemrograman.

Dalam dunia musik, tak jarang kita selalu menemukan gitaris hebat yang biasa belajar bermain gitar secara otodidak. Hal ini tidak jauh berbeda dengan dunia coding atau pemrograman.

Sebut saja Bill Gates, Elon Musk, dan Larry Page para pendiri perusahaan raksasa ini di bidang Teknologi Informasi belajar pemrograman secara otodidak sejak usia dini meskipun pada akhirnya mereka mengambil kuliah di Jurusan Ilmu Komputer.

Memang, banyak yang mengatakan bahwa seiring bertambahnya usia, neuron di otak tidak sefleksibel ketika kita masih muda. Jangan berkecil hati terlebih dahulu jika Anda bukan lulusan ilmu komputer atau teknik informatika dan hanya tertarik untuk belajar coding ketika Anda memiliki anak.

Selama logika Anda masih berfungsi, tidak ada istilah’ tidak mungkin ‘ untuk belajar pemrograman bahkan jika itu membutuhkan ketekunan ekstra.

Lalu apakah ada tip, trik, gerakan, atau mantra khusus bagi orang awam untuk belajar coding? Tentu saja ada dan tidak perlu menyirami komputer Anda dengan air bunga tujuh arah sehingga anda dapat mengetik kode pemrograman semulus mengetik di obrolan grup Whatsapp atau komentar di media sosial. Berikut adalah tips, trik, atau mantra yang telah kami siapkan terutama bagi anda yang masih ragu untuk belajar coding :

Belajar Bahasa Inggris

Trik ini adalah yang paling tidak terkait dengan dunia pengkodean atau pemrograman tetapi ini adalah yang paling penting. Mengapa? Karena dokumentasi tools & framework dan tutorial bahasa pemrograman jauh lebih banyak ditulis dalam bahasa Inggris. Ini akan menjadi cerita yang berbeda jika Anda memiliki penerjemah pribadi dan menerjemahkan setiap kata di layar monitor Anda. Coba bandingkan kata kunci “tutorial pemrograman” dan “tutorial pemrograman” di mesin pencari Google. Selain itu, forum pengembang juga menggunakan banyak bahasa Inggris seperti Stack Overflow misalnya. Dan kami tidak mungkin berkomunikasi dengan pengembang dari seluruh dunia menggunakan Bahasa Swahili, bukan?

Tidak hanya itu, bahasa Inggris juga penting jika Anda sudah ahli dalam coding dan berniat menjadi freelancer dan mencari pekerjaan dari situs crowdsourcing. Ditambah lagi jika kita menganggap nilai tukar Dollar terhadap Rupiah lebih menguntungkan bagi pengembang. Mulailah belajar bahasa Inggris sejak dini karena belajar bahasa Inggris bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan dan juga dapat dilakukan secara mandiri.

Menguasai Konsep Dasar Terlebih Dahulu

Semuanya instan tidak selalu baik terutama ketika datang untuk belajar. Godaan terbesar untuk belajar coding adalah kerangka kerja. Dengan framework kita dapat membuat aplikasi dalam hitungan hari dari mereka yang belum pernah membuat aplikasi sama sekali.

Masalahnya adalah jika kita dihadapkan dengan masalah tertentu yang harus diselesaikan dengan fungsi dasar bahasa pemrograman. Tentu saja kita akan bingung karena kita hanya mengitari permukaan.

Mempelajari konsep pemrograman dasar terlebih dahulu seperti ‘if’ dan ‘loops’ juga akan meningkatkan kemampuan kita membaca kode yang ditulis oleh orang lain. Ini berguna dalam mengerjakan proyek kolaboratif dengan pengembang lain.

Dan hal terpenting dalam menguasai konsep dasar pemrograman adalah kita bisa menuangkan kreativitas kita dalam bentuk baris kode. Anda akan merasakannya sendiri ketika Anda terbiasa menulis kode pemrograman.

Buat rencana dan jadwal latihan individu

Musuh terbesar dalam pelatihan pengkodean yang berasal dari diri Anda sendiri adalah kemalasan. Kemalasan inilah yang menghentikan semangat bergairah yang lahir di awal proses pembelajaran coding. Kondisi yang sering dialami oleh coders (sebagai orang yang melakukan aktivitas coding, Red.) adalah ketika mereka sudah dapat membuat aplikasi sederhana dari tutorial dan kemudian berhenti di situ. Mereka tidak mencari tutorial untuk membuat jenis aplikasi lain.

Untuk menghindari hal ini, kita dapat membuat jadwal khusus untuk latihan pemrograman. Sebagai seorang Samurai, seorang coder harus mengambil “jalan pedang”. Mungkin istilah ” jalur pedang “bisa diganti dengan” jalur keyboard ” karena senjata yang digunakan adalah keyboard bukan pedang.

Untuk coders yang menganggap coding hanya hobi, praktek tidak harus setiap hari. Sabtu & Minggu yang sering digunakan untuk kegiatan hobi bisa menjadi hari dimana latihan coding dijadwalkan. Bagi mereka yang serius ingin menjelajahi dunia coding untuk menjadi sebuah profesi, mungkin Anda harus menyisihkan 2-4 jam setiap hari untuk latihan. Ingat! Coding dapat dikategorikan sebagai keterampilan yang jika tidak diasah secara rutin keterampilan ini akan tumpul dengan

Leave a Reply

Your email address will not be published.