Sandiaga Uno Bagi Cara Sukses jadi Pengusaha

35 View

Opera TimurSandiaga Uno meminta kepada para pemimpin perusahaan atau CEO untuk bisa melihat peluang lebih detail mengenai potensi bisnis di tengah bayang-bayang ketidakpastian ekonomi global.

Ekonomi Indonesia ke depan penuh dengan tantangan, tetapi juga jadi peluang. Karena apa, ini eranya milenial. Mereka mendominasi populasi kita dalam hal apa pun,” kata Sandiaga Uno dalam acara Most Admired CEO 2019.

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, apabila para pemimpin perusahaan bisa melihat peluang tersebut, maka bisa dipastikan perusahan akan maju. Hal itu tentunya akan berdampak pada perekonomian Indonesia.

Saya yakin para senior di sini (CEO/pemimpin Perusahaan) bisa mengkalkulasi ulang peran milenial di organisasi mereka masing-masing. Tentunya kita harus kenali siapa milenial tersebut,” kata dia.

Sandiaga menambahkan, para pemimpin perusahaan tidak perlu larut mengenai prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di bawah lima persen.

Menurutnya, pemimpin perusahaan seharusnya bersatu dan bangkit memajukan ekonomi Indonesia.

“Indonesia tumbuh lima persen, tetapi kalau Indonesia terpecah belah, kita belum tentu bisa bersaing. Kita harus bergandengan tangan melihat bahwa peluang ini harus digunakan untuk konsolidasi,” kata dia.

Kemudian, pemimpin perusahaan juga harus melihat peluang UMKM. Pasalnya, sejarah pernah mencatat bila UMKM menjadi penyelamat.

Tahun 1998 tulang punggung ekonomi kita adalah UMKM. Tetapi kebijakannya banyak berpihak ke perusahaan besar. Kesempatan sekarang kita gunakan untuk menghargai dan apresiasi UMKM. Bangsa kesulitan bangkit banyak bergantung pada UMKM,” kata dia.[jpn]

Leave a Reply

Your email address will not be published.