Purnomo Tak Gentar Bersaing dengan Gibran Jadi Cawalkot Solo

26 View

Opera Timur –  Achmad Purnomo, bakal calon Wali Kota Solo yang diusung DPC PDI Perjuangan Solo menyatakan tidak akan mundur dari Pilkada Solo 2020 meski harus bersaing dengan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka.

Komitmen Achmad Purnomo ditunjukkan dengan mengikuti fit and proper test bakal calon kepala daerah yang digelar DPD PDIP Jawa Tengah di Panti Marhaen Semarang hari ini, Sabtu (21/12).

“Saya ini kan petugas partai, ketika diberi amanah ya harus saya jalankan. Ini rangkaian tahapannya juga pastinya saya jalani. Soal begini begitu, itu nanti”, ungkap Purnomo.

Dari data pendaftaran di DPD PDIP Jawa Tengah, ada tiga nama yang maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo, yakni Achmad Purnomo, Gibran Rakabuming Raka, dan Iwan Triyanto.Gibran sendiri terbilang baru mendaftar sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Dia langsung mendaftar di DPD PDIP Jawa Tengah lantaran proses pendaftaran di DPC PDIP Solo telah ditutup.

Langkah Gibran maju dalam pencalonan mendapat penolakan dari sejumlah elite PDIP di Solo. Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo alias Rudy bersikap tetap mengusung Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo.

Di sisi lain, sikap DPP PDIP sampai saat ini masih terbuka terhadap pencalonan Gibran. Namun, DPP PDIP menyatakan keputusan terakhir terkait pencalonan Gibran ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Pasti semua orang mempunyai kemauan dan cita-cita, ya kalau memang cita-citanya [Gibran] itu dianggap bisa memperbaiki Solo ya itu kan hak setiap warga negara,” kata Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Terkait sikap DPP PDIP Itu, Purnomo mengaku siap menerima apapun keputusan partai. Termasuk jika dirinya tak dipilih oleh DPP untuk maju di Pilkada Solo 2020.

Purnomo menegaskan apa yang diputuskan DPP harus dijalaninya karena sudah keputusan organisatoris partai.

“Kecewa? Kenapa harus kecewa. Kan sudah keputusan Partai, apapun ya diterima. Yang pasti, majunya saya ini kan keinginan DPC PDIP Solo, jadi saya di sini ya karena DPC Solo”, ujar Purnomo.

Dari segi popularitas, Purnomo berada di atas Gibran. Setidaknya, itu berdasarkan hasil survei Median yang dilakukan pada 3-9 Desember 2019.

Direktur Utama Median Rico Marbun mengatakan dari 18 nama yang muncul dalam survei, hanya dua nama yang popularitasnya di atas rata-rata yaitu Gibran dan Purnomo.

“Hanya ada dua nama popularitas di atas yang lain. Achmad Purnomo 94,5 persen dan kedua Gibran 82,3 persen, sisanya semua di bawah 50 persen,” kata Rico dalam jumpa pers di Cikini, Jakarta, Senin (16/12). [cnn]

Leave a Reply

Your email address will not be published.