Penyebab dan Cara Mengatasi Loading Blogspot Lambat
Penyebab dan Cara Mengatasi Loading Blogspot Lambat

Penyebab dan Cara Mengatasi Loading Blogspot Lambat

85 View

Operatimur.comPenyebab dan Cara Mengatasi Loading Blogspot Lambat – Jika Anda memiliki blog, Anda harus sering memikirkan cara membuat posting dan blog anda dikunjungi oleh banyak pembaca, serta menyajikan posting yang menarik sehingga jumlah tampilan meningkat.

Untuk meningkatkan jumlah tampilan blog, Anda juga perlu membuat judul dan artikel yang menarik, penulisan yang ramah SEO, atau promosi blog melalui platform lain. Namun, apa yang terjadi jika semua hal yang telah Anda lakukan tidak berguna hanya karena pemuatan blogspot menjadi lambat.

Pemuatan blogspot yang lambat tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat membuat pengunjung enggan membaca blog dan kemudian meninggalkannya. Hal ini tentu saja dapat mengakibatkan jumlah tampilan blog akan berkurang. Karena itu, Anda perlu mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya.

Baca juga : Speed Car Racing 3D Car Game MOD APK 1.0.31 Unlimited

Sebelum mengetahui penyebab slow loading blogspot Dan Cara Mengatasinya, maka sebelum Anda perlu memastikan bahwa tidak ada masalah dengan koneksi internet. Caranya adalah dengan pergi ke situs lain atau memeriksa situs atau aplikasi penghitung kecepatan internet. Jika keduanya berjalan lancar, maka bisa jadi loading blogspot yang lambat disebabkan oleh hal lain.

Pada dasarnya, lambatnya loading Blogspot disebabkan oleh terlalu banyak program dan aplikasi yang terinstal pada platform Blogspot sehingga kinerja blog menjadi sangat berat karena harus menjalankan semua program secara bersamaan. Apalagi jika Blogspot Anda masih menggunakan versi gratis yang tidak memiliki kapasitas memori yang besar.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab lambatnya loading blogspot Dan Cara mengatasi hal-hal berikut ini.

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Loading Blogspot Lambat

Template blog berat

Penyebab loading blogspot lambat dan cara mengatasi template blog berat (foto: Spacer Chaser);
Bagi blogger pemula yang masih belum bisa membuat template sendiri, tentunya sering mencari template yang sudah tersedia di situs lain. Namun, tidak semua template blog yang disediakan ringan dan responsif. Apalagi jika Anda mementingkan tampilan yang keren tanpa melihat kapasitasnya, maka blog anda akan lambat loading.

Salah satu alasan template blog menjadi berat adalah karena terlalu banyak skrip yang digunakan dalam kode HTML, CSS, atau Javascript sehingga server juga perlu meluangkan waktu untuk dapat memuat skrip dalam jumlah yang cukup besar.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti template ringan lainnya dengan memperhatikan kode HTML yang valid dan CSS yang valid agar dapat merespon dengan cepat dan dioptimalkan SEO. Selain itu, Anda juga dapat memeriksa kecepatan mengakses blog dengan masuk ke situs Google PageSpeed Insight.

Terlalu banyak gambar berkapasitas besar

Penyebab loading blogspot lambat dan cara mengatasi terlalu banyak gambar berkapasitas besar
Alasan lain lambatnya loading blogspot bisa jadi karena Anda mengupload gambar dalam versi aslinya yang cenderung memiliki ukuran yang besar sehingga server membutuhkan waktu yang lama untuk mengakses gambar tersebut. Bahkan jika ukuran gambar terlalu besar, bisa jadi gambar akan macet atau gagal dimuat.

Untuk mengatasi ini, Anda perlu mengurangi ukuran gambar dengan menggunakan perangkat lunak pengedit foto atau situs kompresi gambar yang tersedia.

Ukuran gambar standar yang stabil untuk digunakan adalah gambar dengan ukuran sekitar 600 x 400 piksel atau maksimum 200 KB. Gambar yang terlalu banyak atau berukuran hingga 1 MB, tentu bisa lebih lambat untuk memuat Blogspot.

Baca Juga: Cara Monetize Blog Yang Wajib Kamu Tahu!

Terlalu banyak widget diinstal

Penyebab pemuatan blogspot lambat dan cara mengatasi terlalu banyak widget yang diinstal
Membuat dan menambahkan widget itu menyenangkan dan bisa membuat blog terlihat lebih menarik. Namun, jika Anda menginstal terlalu banyak widget, maka blog juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat mengaksesnya.

Karena itu, untuk menyelesaikannya, Anda perlu menghapus widget yang tidak berguna dan hanya menginstal widget penting. Pilih Widget yang dapat mengoptimalkan kinerja atau memfasilitasi akses pengunjung seperti label, posting terbaru, posting populer, pencarian, dan sebagainya.

Terlalu banyak iklan

Penyebab pemuatan blogspot lambat dan cara menangani terlalu banyak iklan (foto: Pexels);
Menggunakan Google AdSense dan iklan memang merupakan sumber uang yang paling banyak digunakan oleh para blogger. Namun, ini tidak berarti bahwa anda dapat beriklan sebanyak mungkin untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan. Karena, terlalu banyak iklan juga dapat mengurangi kinerja mengakses situs blog anda.

Untuk mengatasi ini, Anda perlu membatasi jumlah iklan yang akan Anda tampilkan di halaman blog. Tempatkan setidaknya maksimal tiga iklan di posisi yang Anda inginkan agar pemuatan blogspot stabil.

Baca Juga: 3 Aplikasi Tercanggih Pendukung Bisnis Online

Masalah dengan hosting atau server

Penyebab pemuatan blogspot lambat dan cara mengatasi masalah dengan hosting atau server
Jika Anda telah memeriksa keempat poin di atas dan tidak menemukan masalah, maka bisa jadi penyebab lambatnya loading blogspot adalah karena masalah hosting atau server yang mempengaruhi akses ke halaman blog yang menjadi lambat.

Jika ini terjadi, maka Anda tidak dapat melakukan apa pun selain melaporkannya ke penyedia hosting dan menunggu tindakan. Namun, jika blog Anda masih menggunakan platform Blogspot, maka masalah ini jarang terjadi karena Blogspot tidak perlu menggunakan hosting.

Berikut adalah beberapa penyebab lambatnya loading blogspot Dan Cara Mengatasinya. Halaman Blog yang lambat diakses memang memengaruhi jumlah tampilan, jadi Anda juga perlu

Leave a Reply

Your email address will not be published.