Pengamat: Zulkifli Hasan Harus Ikut Keinginan Amien Rais

Opera timur – Internal Partai Amanat Nasional (PAN) terus bergejolak menjelang Kongres 2020. Hal itu seperti terlihat saat Rakernas V PAN beberapa waktu lalu yang sempat ricuh.

Ketua Dewan Penasihat PAN Amien Rais mengisyaratkan kepada Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan agar tidak mencalonkan lagi pada Kongres nanti. Amien menginginkan regenerasi di PaN berjalan dengan baik.

“Artinya, Amien Rais konsisten dengan regenerasi di PAN. Zulhas sejatinya harus taat, karena PAN itu butuh regenerasi,” kata pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (9/12).

Konsistensi Amien itu sedianya harus diikuti oleh Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan. Sebab, pada sejumlah agenda politik dari mulai Pilkada hingga Pilpres 2019 lalu, Zulhas selalu mengindahkan masukan dari Amien.

“Karena bagaimanapun kader PAN masih turut dan ikut Amien Rais. Zulhas selama ini juga ikut apa yang diinginkan Amien Rais,” kata Ujang.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini menilai PAN memang membutuhkan generasi muda yang lebih fresh. Hal itu sejurus dengan predikat PAN sebagai partai yang lahir dari pergulatan reformasi.

“PAN butuh pemimpin muda yang berdarah segar. Dan pikiran yang fresh,” kata Ujang.

Kendati siapapun yang bakal terpilih menjadi ketum PAN nanti, Ujang meyakini kader PAN tersebut akan mendapat restu dari Bapak Reformasi Amien Rais.

“Tapi apapun dinamika di PAN, siapapun yang terpilih nanti, semua kandidat ketum pasti dapat restu Amien Rais,” tutup Ujang. [rmol]

Tinggalkan komentar