Panduan penanggulangan corona

Panduan penanggulangan corona bisa berisi pengalaman China menangani corona.

24 View

Opera Timur – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades menyerahkan buku panduan Covid-19 pada Menteri Kesehatan RI, Terawan. Buku yang juga diterima pihaknya dari Pemerintah China itu, ia sebut berisi penanganan dan penanggulangan terkait virus asal Wuhan itu.

“Kami sampaikan (buku) ini pada Menkes dan jajarannya agar pengalaman di Wuhan yang berangsur baik ini bisa menjadi pelajaran,” ujar dia ketika ditemui Republika di RSPI, Jakarta, Sabtu (14/3).

Ia tak menampik, Kemenkes memiliki caranya tersendiri dan cara lainnya untuk menangani Covid-19. Namun demikian, ia merasa buku catatan tersebut perlu ia serahkan sebagai rujukan dan evaluasi, yang berkaca pada kasus di China.

“Ini tentang bagaimana mereka (China) mendiagnosa dan mencegah atau menangani puluhan ribu pasien, yang sebagian besarnya sembuh,” tuturnya.

Dalam buku itu ia menyebut, obat dan herbal yang dipakai oleh China sebagai penananganan berasal dari Indonesia juga. Namun demikian, ia tak merinci apa jenisnya.

“Dalam buku itu juga disampaikan bagaimana kita menggunakan obat dan herbal itu serta bagaimana kita (Indonesia) menjaga hidup sehat,” kata dia.

Karenanya, ia yakin bahwa Pemerintah Indonesia bisa menangani penyebaran virus dengan baik. Terlebih dengan adanya panduan dari China, selaku negara pertama yang mengalami pandemi tersebut.

“Tentunya guidance ini akan kita pakai, dan mungkin tentunya oleh seluruh negara. Di mana China dianggap berhasil menanganai itu dengan baik. Buku ini membantu penanganan di berbagai level juga,” kata dia.

Sementara itu, Menkes Terawan menyatakan rasa terimakasihnya atas buku yang diterimanya itu. Dia menyebut, buku tersebut menjadi wujud dari mitra Pemerintah untuk mendukung apa yang sedang diupayakan pihaknya.

“Buku ini akan memberi khasanah untuk pertimbangan apa yang akan dilakukan. Kita bersama negara lain akan lalui dengan baik,” tuturnya.

Sambung dia, di masa pandemik ini, masyarakat harus melaluinya dengan optimistis. Ia juga meminta seluruh pihak untuk membantu peran serta dari pemerintah untuk menyelesaikan pandemi itu dengan baik.

“Terus kita gandeng tangan dan melewati pandemi ini dengan benar,” ungkap dia.

Artikel Ini sudah tayang di republika.co.id dengan judul: Menkes Terima Panduan Penanggulangan Corona dari China

Leave a Reply

Your email address will not be published.