Orang Miskin Kebal Virus Corona, Orang Kaya Rentan

Opera Timur – Luis Miguel Barbosa, Gubernur Negara Bagian Puebla di Meksiko, membuat kontroversi. Dia mengklaim orang miskin kebal terhadap virus corona atau Covid-19.

Hal tersebut disampaikan dalam pidatonya yang disiarkan melalui Youtube dan Facebook pada Kamis (27/3/2020). Ketika itu ada wartawan bertanya, orang-orang seperti apa yang terinfeksi virus corona.

“Mayoritas [yang terinfeksi virus corona] adalah orang-orang kaya, Anda tahu. Jika kamu kaya, kamu berisiko, tetapi jika kamu miskin, tidak. Kita miskin, kita kebal,” ujar Barbosa seperti dikutip Suara.com dari CNN, Jumat (27/3/2020).

Hingga kiwari, tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa corona menginfeksi seseorang berdasarkan status ekonominya. Kontan, pernyataan Barbosa viral di media sosial.

Banyak warganet yang bertanya-tanya mengapa pemerintah melontarkan gegabah menyebarkan informasi tanpa ada dasar faktanya.

Barbosa mencatat bahwa banyak dari mereka yang terinfeksi baru-baru ini bepergian, menunjukkan hubungan antara kekayaan dan perjalanan.

Dari 475 kasus Meksiko yang dikonfirmasi sejauh ini, sekitar 75 persen terhubung dengan perjalanan internasional, menurut statistik kesehatan federal.

Hingga Kamis sore, 44 orang dinyatakan positif mengidap virus di Puebla.

Ditanya tentang komentar pada konferensi pers hari Kamis tersebut, Barbosa menolak berkomentar. [sr]

Tinggalkan komentar