7 Cara Menghemat Uang Belanja Sehari Hari, Wajib Dicoba!

Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki kewajiban untuk mengatur dan menghemat uang belanja sekaligus memasak makanan enak setiap harinya tentu tidak mudah. Apalagi, kalau uang belanja dari suami cukup pas-pasan. Lantas, adakah cara menghemat uang belanja sehari-hari yang dapat dilakukan supaya bisa bertahan sampai akhir bulan ? Tentu saja !

Untuk menghemat uang belanja, anda tidak perlu harus mengirit sampai jadi kelaparan kok. Ada banyak cara masuk akal yang bisa dilakukan, seperti mengganti menu masakan sederhana atau mengurangi gaya hidup. Sehingga berapapun nafkah yang diberikan oleh suami bisa cukup memenuhi kebutuhan selama sebulan. Ikuti tipsnya berikut ini ya!

Tips Menghemat Uang Belanja Sehari Hari

1.      Mencatat Pengeluaran

Membuat catatan pengeluaran menjadi cara paling efektif untuk menyesuaikan anggaran bulanan dengan cermat. Supaya anda mengetahui kemana saja perginya pos-pos pengeluaran, sebaiknya buat daftar pengeluaran harian ya. Darisana, anda bisa melihat kebutuhan apa saja yang memang paling utama dan mana yang bisa dihemat.

2.      Membuat Daftar Belanja Bulanan

Jika selama ini anda lebih suka belanja di minimarket tanpa adanya persiapan daftar belanja, maka hentikan kebiasaan tersebut. Berbelanja akan lebih hemat dengan membuat daftar belanja bulanan supaya tidak kalap saat berada di minimarket atau pasar. Pastikan anda disiplin saat berbelanja dengan membeli kebutuhan yang hanya ada dalam list belanjaan ya.

3.      Membuat Renacana Menu Sederhana

Supaya tidak mubadzir, membuat menu harian akan membantu anda membeli kebutuhan dengan tepat lho. Untuk menghindari terjadinya pemborosan, sebaiknya buat rencana menu harian sederhana agar mengetahui berapa besarnya pengeluaran untuk 1 hari menu makan. Sehingga tidak ada makanan yang terbuang sia-sia!

Baca Juga: Mengatur Keuangan Dengan Gaji 3 Juta

4.      Manfaatkan Diskon Online

Siapa sih yang tidak suka dengan diskon ? Adanya diskon atau promo adalah pilihan belanja online paling menarik untuk menghemat uang belanja sehari-hari lho. Daripada harus antri panjang di minimarket, anda pun bisa lebih menghemat waktu dengan berbelanja online yang menawarkan berbagai diskon menarik.

5.      Membandingkan Harga saat Berbelanja Online

Nah, masih ada kaitannya dengan berbelanja via online nih! Bagi anda yang gemar berbelanja online, pastikan bandingkan harga sebelum deal membelinya. Kalau anda jeli, bisa mendapat selisih harga yang lumayan lho. Jadi, jangan terburu-buru untuk membelinya sebelum mendapatkan harga yang terbaik ya.

6.      Mengecek Stok Kebutuhan yang Ada

Mengecek stok kebutuhan yang masih ada di rumah adalah cara menghemat uang belanja berikutnya yang penting diingat. Jika stok barang atau kebutuhan masih tersisa beberapa, sebaiknya tunda dahulu untuk membelinya supaya tidak mubadzir. Setelah stok barang habis, baru anda bisa memasukkannya dalam list daftar belanja yang hendak dibeli.

7.      Berbelanja Sendirian

Cara terakhir supaya anda bisa mengontrol arus keuangan sehingga uang belanja bulanan tetap aman sampai akhir bulan adalah dengan belanja seorang diri. Jika anda mengajak kerabat atau orang lain saat berbelanja, bisa jadi barang yang dibeli melebihi kapasitas yang ada dalam daftar belanja. Jadi, sebisa mungkin untuk belanja seorang diri agar lebih fokus ya!

Itu dia 7 tips dan cara menghemat uang belanja sehari-hari yang bisa anda terapkan. Bagaimana ? Sangat mudah untuk dipraktekkan bukan ? Selama anda bijak dan disiplin dalam mengatur arus pengeluaran, dijamin anda tidak akan kekurangan uang belanja sampai akhir bulan kok. Pastikan anda konsisten saat berbelanja ya! Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar