menghemat uang 100 ribu

Bingung Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu? Yuk Intip Caranya!

244 View

Hemat adalah pangkal kaya, sebuah pepatah yang memotivasi kita untuk berhemat. Namun, bisakah menghemat uang 100 ribu di akhir bulan ? Tenang, ada cara mengelola keuangan supaya bisa bertahan hidup sampai akhir bulan kok. Yuk simak cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu di artikel kali ini.

Tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara menghemat jika di akhir bulan uang tabungan sudah menipis. Jika anda mengalami hal tersebut, perlu kiranya membuat perencanaan pengeluaran selama seminggu sehingga bisa mengelola keuangan dengan baik. Dengan 100 ribu anda pun bisa menghemat untuk memenuhi seluruh kebutuhan. Ikuti cara berikut ini. 

Berikut Tips Menghemat Uang 100 Ribu

1.      Membawa Air Minum Botol dari Rumah

Baik anda seorang pelajar atau pekerja kantoran yang sering menghabiskan aktivitas di luar rumah, selalu membawa air minum botol dari rumah adalah kebiasaan baik. Hal ini tentu saja bisa menghemat uang 100 ribu untuk seminggu. Dengan membawa botol minum berisi air putih mineral, setidaknya anda bisa menghemat hingga 10.000 per hari lho.

2.      Membawa Bekal dari Rumah

Memasak nasi dan lauk pauk sendiri di rumah untuk 2-3 kali porsi makan dalam sehari adalah cara berhemat paling efektif. Bawalah bekal dari rumah jika anda hendak pergi ke kantor supaya tidak boros. Membawa bekal justru lebih menguntungkan karena selain tidak perlu keluar uang jajan lagi, anda pun bisa mengatur pola makan yang lebih sehat.

3.      Tidak Mencuci di Laundry

Mencuci baju sendiri akan lebih baik daripada mencuci baju di laundry jika anda ingin bertahan hidup dengan uang 100 ribu selama seminggu. Karena cuci baju laundry bisa memakan budget hingga Rp 50.000 dalam satu minggu lho. Oleh karena itu, sebaiknya luangkan waktu 1 hari saja untuk mencuci baju daripada harus melakukan pemborosan.

4.      Tunda Kebiasaan Hangout di Cafe

Punya kebiasaan suka nongkrong di cafe dan menghabiskan banyak uang untuk sekedar membeli makan atau minuman ? Hindari kebiasaan satu ini jika ingin menghemat uang 100 ribu untuk seminggu. Ingat kembali bahwa budget yang anda miliki pas-pasan. Selanjutnya anda bisa kembali hangout di cafe jika kondisi finansial sudah membaik.

Baca Juga: Cara Menghemat Uang Belanja Sehari-hari

5.      Mengganti Sarapan dengan Sereal

Sarapan dengan minuman sereal adalah ide cemerlang yang bisa dilakukan untuk menghemat budget. Sebelum beraktivitas, pastikan anda sarapan terlebih dahulu supaya tubuh ternutrisi dan punyai tenaga untuk melakukan kegiatan harian. Agar tetap hemat, anda bisa menyetok minuman sereal selama seminggu, budget yang dihabiskan tidak sampai 10 ribu kok !

6.      Membuat Menu Makan Sederhana

Makan siang dengan lauk pauk tahu dan tempe ? Siapa takut ? Jangan meremehkan kandungan gizi tahu dan tempe ya. Selain harganya murah, ternyata lauk ini mengandung protein yang tinggi sehingga tubuh tetap ternutrisi dengan baik kok. Cobalah buat menu makan sederhana selama seminggu untuk menghemat budget.

7.      Mencari Internet Gratis

Daripada harus membeli kuota seharga 50.000 dalam seminggu, sebaiknya alihkan untuk mencari internet gratis. Anda bisa mencari wifi gratis yang disediakan oleh perpustakaan, kantor atau tempat lainnya demi menghemat budget yang pas-pasan.

Nah, dari ketujuh cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu diatas sudah cukup membantu anda untuk bertahan hidup dengan budget pas-pasan kok. Atur kondisi finansial anda sebaik mungkin supaya tidak terjadi pemborosan ya! Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published.