Mengenal Ekosistem NFT Berbasis Blockchain Solana
Mengenal Ekosistem NFT Berbasis Blockchain Solana

Mengenal Ekosistem NFT Berbasis Blockchain Solana

86 View

Operatimur.com – Meskipun popularitas NFT (non-Fungible tokens) tidak setinggi tahun lalu, topik NFT masih cukup relevan untuk dibahas saat ini, terutama ketika melihat perkembangan teknologi blockchain sebagai dasar ekosistem NFT.

Ethereum masih mendominasi pasar NFT. Ini cukup umum, mengingat Ethereum adalah blockchain pertama yang mendukung proyek NFT dengan kontrak pintar dari standar token ERC-721. Bahkan tahun lalu saja, Ethereum memegang sekitar 95% transaksi NFT di berbagai pasar.

Namun, tahukah Anda jika sekarang ada platform yang diprediksi menjadi pembunuh Ethereum di pasar NFT? Namanya Solana. Dengan jaringan yang lebih cepat dan lebih hemat energi daripada Ethereum, jumlah transaksi NFT berdasarkan blockchain Solana telah meningkat secara signifikan. Ini berbanding terbalik dengan Ethereum yang sebenarnya menurun sekitar 15% dari yang sebelumnya.

Berdasarkan fenomena ini, artikel ini akan mengeksplorasi ekosistem NFT yang dimiliki oleh Solana. Bagaimana cara kerja Solana untuk mencetak NFT? Apa pasar dan proyek NFT terbaik? Jadi mengapa Solana NFT layak menjadi pesaing utama NFT Ethereum? Ayo, temukan jawabannya di bawah ini.

Apa Itu Solana?

Singkatnya, Solana adalah salah satu jenis blockchain publik yang dibangun untuk menampung beragam aplikasi terdesentralisasi (dApps). Tidak seperti migrasi baru Ethereum ke versi proof-of-Stake (saat ini masih Proof-of-Work) Ethereum 2.0, platform Solana telah berevolusi dengan beroperasi menggunakan dua kombinasi algoritma konsensus kerja, yaitu Proof-of-Stake (PoS) dan Proof-of-History (PoH).

Meskipun diklasifikasikan sebagai blockchain layer 1, seperti Bitcoin dan Ethereum, kombinasi dari dua algoritma di atas membuat Solana dianggap telah memecahkan skalabilitas trilema, menjadikannya salah satu platform terkemuka saat ini.

Hebatnya, jaringan blockchain ini ramah lingkungan karena menghemat listrik, meskipun kecepatan rata-rata dapat mencapai 3.000 transaksi per detik (100x lebih cepat dari Ethereum). Adapun biaya rata-rata pada blockchain Solana, itu juga murah, yaitu 0.00045 SOL per transaksi, dibandingkan dengan biaya dasar pada Ethereum yang mencapai 0.00252 ETH.

Bagaimana cara mencetak NFT di Blockchain Solana?

Sama seperti blockchain populer lainnya, Solana juga mendukung kontrak pintar yang digunakan untuk mencetak dan mengamankan transaksi NFT. Selain itu, dengan berbagai platform dan marketplace NFT yang telah terintegrasi ke dalam jaringan Solana, proses pembuatan menjadi lebih mudah bahkan jika Anda tidak tahu cara mencetak dengan benar.

Hal pertama yang perlu Anda siapkan sebelum mencetak NFT adalah, tentu saja, membuat dompet kripto khusus NFT marketplace. Jika dompet MetaMask hanya kompatibel dengan jaringan Ethereum, maka untuk NFT berbasis blockchain Solana, dompet yang populer adalah Phantom.

Jika Anda tidak memiliki hantu, silakan cari hantu.Unduh sebagai ekstensi di browser Anda. Sebagai informasi tambahan, browser atau browser populer yang digunakan oleh penggemar NFT saat ini berani.

Setelah Phantom dipasang di browser, Anda cukup menyetor dompet dengan SOL, cryptocurrency asli Solana, untuk membiayai biaya gas di pasar NFT nanti.

3 Pasar NFT Solana paling populer

Ethereum masih merupakan blockchain paling populer untuk NFT, ini dapat dilihat dari sebagian besar pasar NFT yang terletak di jaringan. Namun, seperti yang disebutkan sebelumnya, preferensi pengguna dapat berubah dengan cepat karena penggunaan energi, kecepatan transaksi, dan biaya besar yang kurang sepadan saat menggunakan Ethereum.

Inilah yang akhirnya membuat NFT di Solana menjadi semakin populer, bahkan pasar NFT terkenal seperti OpenSea telah terintegrasi dengan blockchain Solana. Namun, karena integrasi baru saja dilakukan, OpenSea tidak termasuk dalam tiga daftar Solana NFT marketplace di bawah ini:

1. Magic Eden

Meskipun menjadi salah satu pasar NFT baru, Magic Eden telah berkembang menjadi platform NFT Solana yang paling populer berdasarkan volume perdagangannya. Selain tidak ada biaya pencatatan NFT dan biaya transaksi hanya 2%, Magic Eden juga mengizinkan transaksi menggunakan token dari beberapa proyek Solana teratas, seperti DUST dan Aury.

2. Solanart

Sebagai pasar NFT Solana pertama, Solanart juga merupakan platform terbesar kedua di bawah Magic Eden dengan volume jual beli NFT sekitar 637 juta USD. Pengguna marketplace ini dapat membuat, menjual, dan membeli koleksi digital dengan biaya transaksi hanya 3%.

3. SolSea

Meskipun posisi kelima dalam volume perdagangan, jumlah pedagang NFT di platform adalah yang terbesar ketiga setelah Solanart dan Magic Eden. Selain itu, SolSea juga merupakan marketplace pertama yang merilis rarity rating Koleksi NFT yang terdaftar di sana. Untuk biaya transaksi, SolSea menetapkan jumlah yang sama dengan Solanart, yaitu 3%.

Leave a Reply

Your email address will not be published.