mengatur keuangan dengan gaji 3 juta

Mengatur Keuangan Dengan Gaji 3 Juta untuk Ibu Rumah Tangga

23 View

Cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta dianggap sulit untuk dilakukan. Padahal apabila dipraktikkan secara rutin maka tabungan dengan jumlah nominal seperti yang diharapkan bisa terwujud dengan mudah.

Bagi anda yang ingin mengatur keuangan dengan gaji 3 juta untuk ibu rumah tangga maka pastikan bahwa anda sudah mengkomunikasikannya dengan pasangan. Hal ini karena pengaturan keuangan tersebut berkaitan pemasukan sekaligus pengeluaran bersama. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba.

Namun, bila kamu bingung dengan gaji yang tidak trlalu besar dan hanya bisa menghemat uang belanja 1 juta dalam sebulan, bisa juga membaca artikel kami sebelumnya.

Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji 3 Juta

1.      Mencatat keuangan

Tips pertama yakni mencatat keuangan dengan teliti. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengeluaran serta pemasukan keluarga dalam satu bulan. Dengan pencatatan ini maka anda bisa mengestimasi anggaran dengan tepat. Pencatatan keuangan juga berfungsi untuk rekaman keuangan tentang untuk apa saja uang anda digunakan.

2. Melakukan penghematan

Jika anda sudah membuat catatan keuangan serta mengetahui jumlah pengeluaran biaya per bulan maka langkah berikutnya yakni melakukan penghematan. Dengan hasil pencatatan tersebut, anda bisa mengetahui apa saja yang harus dikurangi agar bisa lebih hemat dan mana yang harus dijadikan sebagai prioritas.

3. Membuat anggaran

Tips selanjutnya yakni membuat anggaran dengan mencatat setiap perencanaan beserta penerapannya secara jelas dan terperinci. Dengan demikian, anda bisa mengetahui pemasukan serta pengeluaran keuangan anda. Sehingga anda bisa memprediksi jumlah pengeluaran di masa mendatang dan mempersiapkan dana mulai dari sekarang.

4. Merencanakan keuangan

Ini dilakukan supaya anda bisa termotivasi untuk menabung lebih baik lagi. Perencanaan keuangan ini bisa dilakukan dengan menyisihkan uang untuk asuransi maupun dana darurat. Asuransi dan dana darurat penting untuk dimiliki sebagai antisipasi dari berbagai hal yang tidak diinginkan sehingga anda tidak kebingungan mencari hutangan dari orang lain.

5. Menabung

Mungkin anda biasanya membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Dibandingkan harus membeli barang tersebut, akan lebih baik jika anda membiasakan diri untuk menabungkan uang anda di bank. Anda bisa membuat rekening khusus yang bisa dipakai untuk tabungan masa depan. Usahakan untuk tidak mengambilkan untuk hal yang tidak terdapat dalam rencana.

6. Mencari penghasilan tambahan

Gaji 3 juta bisa dibilang kecil dan adakalanya pas-pasan jika anggota keluarga cukup banyak ataupun rumah yang masih ngontrak. Tips yang dapat anda lakukan yakni dengan mencari penghasilan tambahan. Anda bisa mencoba pekerjaan paruh waktu yang tidak mengganggu pekerjaan utama anda. Pastikan memilih pekerjaan yang bisa dikakukan di waktu senggang.

7. Biasakan masak sendiri

Kebiasaan masak di luar sebenarnya hanya akan membuat anda lebih boros. Terlebih apabila ini sering anda lakukan. Untuk menyiasati hal ini maka anda dapat mencoba memasak sendiri serta membawa bekal untuk kerja. Masak sendiri tentu lebih menghemat waktu serta rasanya pun lebih nikmat sekaligus sehat.

8. Memakai kendaraan pribadi

Memakai kendaraan pribadi ketika bepergian bisa menjadi tips untuk mengatur keuangan dengan baik. Terlebih jika jarak yang ditempuh sangat jauh. Anda hanya perlu memperhatikan perawatan kendaraan anda serta bensin yang cukup untuk menuju lokasi yang diinginkan.

9. Menerapkan metode khusus

Tips terakhir mengatur keuangan dengan gaji 3 juta, yaitu menetapkan pos alokasi dana. Anda dapat menerapkan rasio 5:3:2. Dalam artian 50% dari gaji anda dipakai untuk biaya hidup, lalu 30% untuk menabung dan sisanya untuk hiburan. Jika anda disiplin maka anda bisa menabung dengan hasil nominal sesuai impian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.