Bingung Uang Cepat Habis? Berikut 8 Cara Mengatur Keuangan Dengan Gaji 1 Juta

Cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta tentu dibutuhkan oleh banyak orang yang memiliki nominal gaji tersebut. Hal ini memang terlihat cukup sulit namun jika anda sudah menemukan cara pengelolaan uang yang tepat, tentu anda dapat menghidupi sekaligus mensejahterakan semua anggota keluarga.

Dalam kesempatan ini kami akan mengulas tentang cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta yang bisa anda terapkan. Jika anda lakukan dengan konsisten tentu akan mudah bagi anda untuk menyadari bahwa nominal gaji tersebut memang cukup untuk hidup.

Mengatur Keuangan Dengan Gaji 1 Juta

1. Menyisihkan uang untuk tabungan

Menabung bukanlah untuk orang yang memiliki penghasilan besar saja. Berapapun gaji anda usahakan untuk menyisihkan sebagian uang tabungan lebih dulu. Hal ini karena kemungkinan besar anda akan sulit menabung jika dana tidak dialokasikan sejak awal. Anda dapat mengalokasikan uang sekitar 10-30% dari penghasilan anda.

2. Mencatat pengeluaran

Mencatat pengeluaran sangatlah penting untuk menghindari resiko pembengkakan pengeluaran tak terduga serta memperbaiki pengeluaran yang tidak penting. Apabila anda mencatat seluruh dana yang dibutuhkan untuk pengeluaran dengan rinci maka anda bisa sadar bahwa ada beberapa hal yang tidak terlalu penting dan sebaiknya tidak dibeli.

3. Memulai bisnis sampingan

Apabila anda berpikir bahwa penghasilan 1 juta setiap bulannya belum cukup maka pastikan anda tidak diam di tempat. Anda bisa mencoba untuk merintis bisnis sampingan yang menjanjikan. Sekarang ini banyak bisnis yang bisa dipilih sesuai dengan bakat dan minat anda. Yang jelas jangan sampai bisnis ini mengganggu pekerjaan utama anda.

4. Menghindari pinjaman online

Godaan pinjaman online dapat menjadi sumber masalah pada keuangan anda. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sekarang ini banyak pihak  yang menawarkan kemudahan pinjaman online. Mungkin bunga yang mereka tawarkan lumayan kecil, akan tetapi tentu saja tetap ada masalah jika anda mencoba pinjaman secara online.

5. Memilih untuk berinvestasi

Penghasilan anda mungkin memang 1 jutaan, namun anda masih bisa mencoba cara investasi yang tepat demi masa depan yang lebih baik. Misalnya dengan investasi emas secara kredit. Anda dapat mempunyai emas dengan nominal cicilan kecil yang harus anda bayar setiap bulannya.

6. Pikir ulang untuk memenuhi hobi dan keinginan

Anda bisa mencoba untuk berpikir ulang jika memiliki hobi atau keinginan yang memerlukan uang banyak. Pastikan anda lebih mementingkan kebutuhan hidup anda terlebih dahulu daripada memenuhi hobi yang sebenarnya tidak begitu penting. Walaupun terkesan menyiksa, akan tetapi anda sendirilah yang wajib profesional dalam mengelola penghasilan.

7. Memenuhi keinginan ketika ada diskon

Mungkin anda memang tidak bisa menghindari aktivitas belanja sesuatu yang sangat anda incar. Anda dapat menyiasatinya dengan memanfaatkan diskon. Pastikan anda update tentang promo yang diberikan oleh toko barang yang anda inginkan.

8. Tidak mempunyai kartu kredit

Pertimbangkan kembali saat anda ditawari untuk memiliki kartu kredit. Karena akan lebih baik jika anda tidak memilikinya. Kartu kredit mengharuskan anda untuk membayar bunga serta terdapat potensi impulsif yang bisa datang secara tiba-tiba.

Nah, itulah ulasan mengenai cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta yang bisa anda terapkan demi terjaminnya kesejahteraan keluarga. Berapapun gaji anda jika anda bisa mengelolanya dengan cara yang baik dan tepat maka semua kebutuhan anda dan keluarga bisa tercukupi. Anda juga bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung atau investasi.

Jika kalian memiliki jiwa seni dan aktif dalam dunia internet, tidak ada salahnya mencari pemasukan dengan membuat blog dan akan kami pandu cara monetize blog hingga menghasilkan uang, jangan lupa dicoba ya!

Tinggalkan komentar