memilih jurusan kuliah

7 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Untuk Lulusan SMK

39 View

Setelah lulus SMK dan ingin melanjutkan study, jurusan kuliah apa yang tepat untuk lulusan SMK? Masih menjadi pertanyaan umum bagi mereka yang tidak memiliki gambaran terkait jenjang study yang baik untuk diri mereka sendiri bahkan untuk anaknya sendiri.

Pada dasarnya, jika kamu seorang lulusan SMK itu sangat mudah dalam memilih jurusan kuliah, karena sejak sekolah pun kamu sudah dijuruskan ke satu subjek, jadi sangat beruntung untuk kamu yang sekolah di SMK. Namun, bukan berarti sekolah SMA tidak beruntung ya.

Sekolah SMK memang dicetak untuk langsung bekerja bagi mereka yang sudah siap bekerja, tetapi untuk kamu yang memiliki niat melanjutkan sekolah sangat cocok kok.

Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Berdasarkan pengalaman dan hasil observasi yang telah dilakukan, ada beberapa poin penting sebelum memilih jurusan kuliah, antara lain sebagai berikut.

  1. Kampus tempat kuliah sangat menentukan, karena gengsi kuliah berada di kampusnya.
  2. Lokasi kampus yang ingin kamu tuju.
  3. Setelah itu cari hobi yang kamu sukai, jika ada dalam jurusan kuliah itu sangat bagus.
  4. Misalnya kamu hobi fotografis, desain grafis, dan kebetulan kamu sekolah SMK masih dalam subjek yang sama. Nah, kampus ITB, ITS, ISI Jogja, dll. Membuka jurusan untuk desain tersebut.
  5. Setelah itu kamu harus memperhatikan biaya kuliahnya, jangan sampai membebankan orang tua. Selama bisa membantu orang tua membayar kuliah itu sangat bagus.
  6. Lalu coba diskusikan dengan guru BK setempat di mana kamu sekolah, biasanya guru konseling akan memberikan beberapa insight positif.
  7. Setelah memilih jurusan yang diminati, kamu harus niat dan yakini untuk menjalani perkuliahan sampai selesai agar tidak sia-sia.

Memilih jurusan kuliah itu memang seperti mencari jodoh, karena akan berpengaruh terhadap kehidupan kita dimasa depan. Mau menjadi seperti apa diri kita tergantung seperti apa persiapan yang sudah kamu siapkan.

Selanjutnya kami akan mencoba untuk mengulas pilihan apa yang harus kamu lakukan jika dihadapkan kuliah atau kerja setelah lulus SMA di website operatimur kami.

Mengingat saat ini sudah mendekati waktu kelulusan SMA, pastinya setiap pelajar Indonesia kebingungan ingin memilih jurusan seperti apa dan ataukah harus fokus bekerja dulu. Semoga insight memilih jurusan kuliah ini dapat bermanfaat ya, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.