Gerhana Matahari cicin

Masyarakat Bengkulu Hanya bisa menyaksikan gerhana matahari cicin, sebagian

40 View

Opera Timur –BENGKULU – Sebanyak 25 wilayah di Indonesia akan dilewati fenomena langka gerhana matahari cincin secara penuh pada hari ini, Kamis (26/12/2019). Sementara di Provinsi Bengkulu hanya bisa menikmati kejadian alam itu sebagian atau 80 persen saja.

Gerhana matahari cincin di daerah berjuluk ”Bumi Raflesia” ini diprediksi dimulai pukul 10.20 WIB. Kemudian memasuki fase puncak pada pukul 12.20 WIB. Lalu berakhir pada pukul 14.15 WIB. Total fenomena gerhana matahari cincin di Bengkulu berlangsung selama 3 jam 46 menit.

Gerhana matahari cincin ini sendiri terjadi ketika bulan berada pada titik yang lebih jauh dari bumi. Meskipun berada segaris dengan matahari dan bumi, piringannya yang lebih kecil tidak bisa menghalangi seluruh cahaya matahari.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Sabar Ardiansyah, mengatakan fenomena gerhana matahari cincin di Bengkulu dapat dinikmati dan diamati seluruh masyarakat di sana.

”Seluruh kabupaten dan kota di Bengkulu dapat melihat fenomena gerhana matahari cincin sebagian dengan persentase 80 persen,” katanya, Rabu 25 Desember 2019.

Fenomena gerhana matahari cincin, terang dia, terjadi di Indonesia setiap 12 tahun sekali. Sebelumnya gerhana matahari cincin pernah terjadi pada 1998.

Gerhana matahari cincin berikutnya diprediksi baru akan melintasi Indonesia pada 21 Mei 2031. [Okezone]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *