Mengetahui Bagaiamana Cara Kerja Manajemen Keuangan Perusahaan Multinasional

Perusahaan-perusahaan bisa menjadi besar karena adanya usaha untuk meningkatkan relasi dengan perusahaan lainnya. Salah satunya ada pada perusahaan multinasional, dimana pemiliknya tidak hanya memiliki satu perusahaan saja, tetapi bercabang. Hal utama yang dilakukannya adalah menerapkan manajemen keuangan perusahaan multinasional.

Apa istimewanya perusahaan multinasional? Perusahaan multinasional menjadi salah satu penguat perekonomian nasional. Dimana perusahaan menjalin kerjasama dengan perusahaan di negara-negara lainnya. Dalam hal ini, anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan perusahaan multinasional berikut ini.

1.      Apa Itu Perusahaan Multinasional

Perusahaan multinasional merupakan perusahaan industri yang mendirikan cabang di berbagai negara. Sebagian besar pemilik utama adalah perusahaan industri dari negara-negara maju yang cabang-cabangnya tersebar di negara-negara berkembang. Perlu anda ketahui, bahwa siklus manajemen keuangan dari perusahaan multinasional bergantung pada perusahaan induk.

2.      Mengetahui Manajemen Keuangan Perusahaan Multinasional

Setiap perusahaan multinasional pasti menerapkan salah satu sistem manajemen yakni manajemen keuangan. Manajemen keuangan perusahaan multinasional  tidak jauh berbeda dengan manajemen keuangan di perusahaan-perusahaan kecil lainnya. Yang membedakan adalah perusahaan cabang bergantung pada perintah dan pengelolaan dari perusahaan induknya.

Kegiatan dari manajemen keuangan dari perusahaan multinasional meliputi proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan serta pengendalian keuangan. Namun fokus utama dalam manajemennya terletak pada keputusan investasi dan pendanaan perusahaan. Tujuannya tidak lain adalah memaksimalkan keuntungan dan nilai perusahaan agar lebih baik kedepannya.

Baca Juga: Mengatur Keuangan Dengan Gaji 3 Juta

3.      Manfaat Manajemen Keuangan Perusahaan Multinasional

Suatu organisasi/perusahaan dalam menerapkan manajemen pasti menginginkan sistem yang baik dan teratur. Begitu pula pada pengelolaan keuangan pada perusahaan multinasional, ada sejumlah manfaat yang dapat diterima oleh perusahaan dan pihak-pihak yang terkait. Berikut manfaatnya :

Pengambilan keputusan yang lebih mudah

Perusahaan multinasional pastinya berdiri diantara negara yang berbeda. Terutama berbeda dalam regulasi dan kebijakannya. Dengan adanya manajemen keuangan ini, perusahaan multinasional akan terbantu dalam pengambilan keputusan. Baik itu keputusan internal perusahaan, maupun faktor eksternal perusahaan misalnya kebijakan pemerintah.

Manajer keuangan akan lebih terbantu dalam suatu hal

Apabila sesuatu hal yang berpengaruh pada perusahaan akan terjadi, maka peran manajemen keuangan perusahaan multinasional ini akan muncul. Misalnya jika terjadi perubahan nilai tukar mata uang antar negara, perusahaan perlu mengantisipasinya di awal. Dalam hal ini, manajemen dapat membantu manajer keuangan dalam mengambil keputusan yang tepat.

4.      Dampak Manajemen Keuangan Perusahaan Multinasional

Hampir sebagian besar manajemen keuangan pada perusahaan multinasional memiliki manfaat yang baik bagi keberlangsungan perusahaan. Dibalik itu, ada beberapa dampak yang cukup berpengaruh pada identitas perusahaan. Berikut dampak-dampaknya.

  1. Adanya perbedaan bahasa antar perusahaan multinasional membuat hambatan. Solusi utamanya adalah merekrut tenaga-tenaga professional yang mahir dengan bahasa dari perusahaan jalinan.
  2. Perbedaan mata uang menjadi hal yang perlu diperhatikan. Dalam hal ini, antar perusahaan multinasional hendaknya melakukan adaptasi dan analisis terhadap nilai tukar. Adanya perubahan nilai tukar suatu negara bisa disebabkan dari berbagai faktor menyangkut pemerintahan suatu negara.
  3. Adanya risiko politik negara yang bisa menyeret nama masing-masing perusahaan multinasional. Hal ini akan berdampak pada anak perusahaan yang sewaktu-waktu dirampas oleh negara dimana ia berdiri.

Demikian pembahasan mengenai manajemen keuangan perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional menjadi salah satu potensi yang cukup besar bagi ekonomi nasional. Dengan diterapkannya manajemen keuangan untuk perusahaan multinasional, maka akan tercipta sistem keuangan yang terstruktur serta mendapat keuntungan yang maksimal pula.

Tinggalkan komentar