Kita adalah nahkoda bagi diri sendiri, mengatur arah menentukan tujuan.

Kita adalah nahkoda bagi diri sendiri, mengatur arah menentukan tujuan.

39 View

Opera Timur – pernahkah Anda merasa sangat lelah menasehati orang lain berulang kali ia kembali mengeluhkan masalah sama Saat itu pula dan anda memberi nasehat berbusa-busa namun nasehat itu menguap ke udara seperti tidak berbekas.

Rasanya sia-sia dan sehat anda tidak mengubah apapun bagi hidup orang tersebut ia seperti keledai yang terjatuh ke lubang sama meski berulang kali kita beri peringatan begitulah posisi kita pada diri seseorang kita harus sadar pengaruh yang kita tanamkan kepada orang lain tidak selalu dapat diterima dan membawa pengaruh pada keputusan yang mereka ambil kenapa begitu karena setiap manusia mengendalikan diri sendiri.

Setiap tindakan yang kita lakukan di setir satu kendali meskipun dipengaruhi banyak pertimbangan dari luar pertimbangan-pertimbangan luar itu berupa informasi dari mana saja namun pengaruh luar tidak punya kuasa permanen pada diri seseorang yang berpikir dan merasakan meskipun terkadang pengaruh luar lebih besar dapat mengubah keputusan seseorang tetapi tetap pemilik tubuh lah yang mempunyai kuasa penuh memutuskan Setiap tindakan hidupnya sendiri.

Berangkat dari kesadaran bahwa kita adalah tokoh d bagi tubuh artinya kita punya tanggung jawab atas Setiap keputusan nasib kita tergantung bagaimana mengendalikan diri oleh karena itu penting bagi setiap orang punya kendali sehat.

Dengan kemampuan mengendalikan diri kita bisa menguasai situasi apapun termasuk terhindar dari tindakan bodoh yang merugikan ketika berada dalam situasi buruk namun membangun pengendalian diri bukanlah hal mudah.

Suatu contoh:

Di perjalanan menuju kantor baru seorang pemuda hampir saja mengalami kecelakaan karena dikejutkan datangnya mobil mewah yang di kemudi ugal-ugalan Pemuda tersebut ingin sekali mengumpat menghentikan mobil mewah itu lalu memakai si pengemudi akan tetapi ia sadar waktunya akan terbuang percuma untuk pengemudi ugal-ugalan bisa jadi ia justru telah sampai kantor padahal ini hari pertamanya masuk kerja ia tidak ingin bagi pertama jadi berantakan hanya karena mengeluarkan energi negatif.

Maka ia menarik napas dalam-dalam lalu menghembuskannya berulang kali perasaan marah di dada perlahan memudar ia melanjutkan perjalanan dengan semangat sama sebelum kejadian sesampainya di kantor pemuda itu kira semua selesai namun hatinya mendadak kacau saat melihat mobil mewah yang hampir saja mencelakainya terparkir di sana ia hafal nomor pelat sehingga ia yakin pelakunya adalah orang sama ia masuk ke ruangan barunya rasa penasaran membuatnya gelisah sehingga ia tak sabar menanyakan perihal mobil tersebut kepada bagian resepsionis.

Mobil hitam itu milik bos besar Itu jawaban yang diperolehnya si Pemuda amat terkejut ia tidak tahu harus senang atau sedih ia sedih karena ternyata memiliki atasan kurang bijak berkendara namun ia juga senang karena selamat dari kemungkinan karir berakhir di hari pertama masuk kerja dari kasus ini kita belajar bahwa pengendalian diri baik dapat menyelamatkan seseorang dari kehilangan pekerjaan.

Mengendalikan diri adalah perang.

Mengendalikan diri bukanlah hal yang mudah ibarat berperan kita melawan sisi lain dari diri sendiri seperti Ketika seseorang terjebak hutang akibat kartu kredit ia merasa semua kebutuhan ada di depan mata dianggapnya penting sehingga ketika berbelanja merasa dirinya melakukan kebenaran akan tetapi apakah benar belanja tanpa mempertimbangkan kemampuan membayar itu hanya satu contoh-contoh lain sangat banyak misalnya ketika seseorang diet tetapi tidak bisa menahan diri dari gula dan tepung tepungan atau mereka yang memilih merokok meski tahu menimbulkan kanker semua itu terjadi karena lemahnya pengendalian diri orang tersebut seseorang yang tidak punya pengendalian diri akan lebih sering terlibat masalah yang menghancurkan diri ataupun orang lain mereka tidak dapat memilih tindakan tepat yang memberi manfaat dan keuntungan lebih luas dari sekedar kepuasan sesaat, mereka ini tentu saja orang-orang dari kelompok yang pasti kalah peperangan.

Strategi pengendalian diri:

Lakukan pertolongan pertama ketika anda berada di situasi buruk yang memancing emosi negatif pertolongan pertama dari strategi pengendalian diri adalah mengatur nafas mungkin anda kesulitan bernapas ketika serangan panik datang atau emosi berada di ubun-ubun Karena itulah kemampuan mengatur napas sangat membantu membuat diri lebih baik.

Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan ulangi berkali-kali sampai merasa cukup.

Bertindak setelah jeda. Jangan buru-buru bersikap apabila serangan masalah datang mendadak berikan waktu untuk diri Anda menguasai keadaan biarkan otak anda memproses kemungkinan-kemungkinan yang terbaca di situasi tersebut ingatlah Jalan mengambil tindakan tergesa-gesa hanya karena ingin cepat menyelesaikan masalah karena tindakan cepat belum tentu tepat justru mungkin dapat menimbulkan akibat fatal.

Cobalah itu 1-10 sebelum bersikap itu jadi kita berharga untuk dapat menetralisasi rasa terkejut dan memilih tindakan tepat.

Ubah sudut pandang:

Ketika anda merasa terpojok cobalah ubah sudut pandang pahamilah bahwa anda mungkin tidak dapat mengubah situasi tetapi mengubah sudut pandang masih memberi harapan lebih baik.

Cobalah memandang masalah menyesakkan dada dari sudut berbeda yang mampu menghasilkan perasaan beruntung dengan hadirnya masalah tersebut.

Memiliki empati.

Strategi mengendalikan diri supaya tidak terjebak pada tindakan merugikan diri sendiri atau orang lain adalah dengan memiliki empati empati merupakan keadaan mental yang membuat kita merasakan apa yang dirasakan orang lain dengan 4 tinggi tubuh kita memproduksi pemakluman pemakluman dan menekan ego yang membuat diri memikirkan kepentingan diri sendiri.

Cobalah bayangkan jika anda berada pada posisi lawan dengan begitu Anda dapat mengambil tindakan bijak mempertimbangkan orang lain.

Bayangkan akibat.
Berada dalam masalah besar terkadang membuat seseorang lepas kendali akan tetapi sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan coba bayangkan hal-hal yang tidak diinginkan tersebut Kalau perlu buatlah daftar akibat yang mungkin terjadi dari tindakan Anda strategi ini menahan anda tidak ke Ka’bah mengambil keputusan.

Cobalah anda bayangkan akibat dari masalah yang muncul jangan buru-buru ambil sikap bayangkanlah akibat bila anda mengambil tindakan a. Apa akibatnya bila anda bicara b. Bagaimana kemungkinan apabila anda bersikap C. Teruslah bayangkan kemungkinan-kemungkinan.

Mengalihkan perhatian.
belajar dari trick memenangkan batita Anda bisa mencobanya menghadapi suatu masalah itu adalah mengalihkan fokus atau perhatian seperti ketika bayi mengamuk karena ini bukan ayah padahal ayah hendak pergi bekerja ibu si bayi akan mencoba mengalihkan perhatian dengan mengajak bermain atau melakukan hal-hal mencuri fokus.

Setelah si bayi berhenti menangis dan mulai ceria berikan pemahaman bahwa ketika ayah bekerja ia tidak boleh ikut itu bentuk penyelesaian masalah jadi meskipun perhatian dialihkan sesaat bukan berarti kita lepaskan masalah utama biarkan si bayi meredakan emosi terlebih dahulu sebelum dimasuki pengertian-pengertian untuk dapat memahami keadaan.

Cobalah Anda alihkan perhatian dengan mendengarkan musik berenang membaca buku menonton supaya pikiran tegang dapat rileks hal itu akan menghindarkan diri Anda dari tindakan tergesa-gesa tanpa pertimbangan matang.

Bayangkan bila hidup anda tinggal 1 hari.

Membayangkan berada di penghujungusia cenderung membuat seseorang ingin melakukan hal-hal baik ini merupakan strategi yang boleh dicoba ketika tidak ada cara lain anggaplah hari ini hari ini terakhir anda itu apa yang ingin anda tinggalkan apakah kesan kesan negatif dari tindakan ceroboh merugikan diri sendiri tentu saja tidak bukan anda akan mengambil tindakan hati-hati karena kesempatan berbuat baik tidak lebih dari 24 jam lagi.

Cobalah renungkan jika ini adalah hari terakhir hidup apakah anda ingin meninggalkan permasalahan beranak jadi masalah baru akibat keputusan salah.

Membangun pengendalian diri jangka panjang:

Siap mengubah diri anda sadar memiliki pengendalian diri payah karena itu Anda harus siap mengubahnya sebab membangun pengendalian diri harus diawali kesiapan menjadi pribadi lebih baik karena itu jangan ragu keluar dari zona nyaman.

Dari daftar yang ada di buat tersebut anda tahu mana yang harus diperbaiki lakukan studi perilaku perubahan hendaknya dilakukan dengan berpegang ilmu jangan andalkan asumsi pribadi karena asumsi pribadi dapat menjebak pada pembenaran diri oke jalan ke 2 membangun pengendalian diri adalah melakukan studi perilaku. bekali diri Anda dengan ilmu untuk dapat mengubah perilaku perilaku negatif yang hendak diperbaiki.

Hargai diri Anda Anda begitu berharga untuk merasa rendah diri ketahuilah keinginan mengubah diri merupakan kesadaran mulia tidak semua orang bisa memilikinya Maka hargailah setiap usaha yang anda lakukan untuk diri sendiri meskipun mungkin hasilnya diluar ekspektasi jangan merasa hina dan tercela karena itu akan membuat Anda down dan tidak cukup pantas menjadi lebih baik.

Berlatih sabar kesabaran adalah proses yang dapat dilatih terus menerus sampai menjadi bagian diri sabar memang dianggap sulit bagi sebagian orang tetapi jika dilakukan efek yang membawa ketenangan hati dan pikiran ingatlah efek istimewanya sehingga terpacu melatih sabar lebih baik lagi.

Jangan membesar-besarkan masalah ketika mengangkat suatu masalah lebih besar dari kemampuan menyelesaikan kita akan merasa sangat tertekan padahal masalah yang kita hadapi belum tentu sebesar yang kita bayangkan bisa jadi hanya sepele karena itu jangan suka membesar-besarkan masalah coba membuka diri bahwa masalah yang lebih besar mungkin dihadapi orang lain dengan tersenyum tanpa merasa menjadi orang yang paling menderita di dunia.

Beri semangat pada diri sendiri mengendalikan diri memang tidak mudah dan untuk mengubah diri menjadi orang dengan pengendalian diri baik butuh usaha kuat, karena itu berilah semangat pada diri sendiri katakan Anda begitu istimewa dan hebat karena mampu dan mau melakukan perubahan Jangan biarkan semangat Anda menurun membuat anda tergoda untuk menyerah.

Bekali wawasan luas wawasan luas dapat membuka pikiran maka perluaslah wawasan Anda ini penting dilakukan supaya Anda dapat menganalisis Setiap peristiwa dan masalah tanpa tergesa-gesa bersikap dengan wawasan luas anda akan terhindar dari pemikiran pendek.

Tahu kapan harus meminta bantuan termasuk dukungan orang lain mengingat bahwa membangun pengendalian diri tidaklah mudah Jangan malu Ketika anda merasa membutuhkan bantuan orang lain mintalah bantuan diwaktu yang tepat dan kepada orang tepat tentukan bantuan apa yang anda butuhkan termasuk mungkin salah satunya adalah support dari orang-orang terdekat. (*)

Terimakasih semoga bermanfaat:

Leave a Reply

Your email address will not be published.