Khasiat Daun Senna Untuk Kesehatan Pencernaan
Khasiat Daun Senna Untuk Kesehatan Pencernaan

Khasiat Daun Senna Untuk Kesehatan Pencernaan

100 View

Operatimur.com – Halo sobat sehat operatimur, pada kali ini admin akan mengupas informasi manfaat dan juga Khasiat Daun Senna Untuk Kesehatan Pencernaan.

Apakah kamu tahu, jika daun senna telah dikenal sejak dulu memiliki khasiat utama yaitu mengatasi berbagai gangguan pencernaan.

Tanaman yang berasal dari afrika Utara ini bahkan sudah digunakan sejak dulu sebagai obat tradisional untuk mengatasi sembelit.

Baca juga : 4 Masalah Kesehatan Akibat Sarapan Terlalu Cepat

Khasiat Daun Senna Untuk Kesehatan Pencernaan

Senna atau yang sering disebut daun jati china merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam kategori tanaman herbal.

Khasiat jati cina yang berasal dari daunnya yang dapat diolah menjadi teh agar lebih mudah diminum dan dikonsumsi.

Kamu juga dapat mengkonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak daun senna untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal.

Khasiat utama dari daun senna ini adalah untuk mengatasi gangguan kesehatan pencernaan. Dan daun yang satu ini juga lebih dikenal sebagai obat pencahar alami yang cukup efektif.

Bagi kamu ingin tentang manfaat apa saja dan juga gangguan kesehatan apa saja yang dapat diatasi oleh obat herbal satu ini, berikut ini ulasannya.

Baca juga : Contoh daftar riwayat hidup tulis tangan untuk pemula

5 Khasiat Daun Senna Untuk Kesehatan Pencernaan

Daun yang satu ini memang telah dikenal sebagais alah satu obat tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Tanaman yang berasal dari afrika utara ini bahkan sudah lama sekali digunakan sebagai salah satu obat herbal.

Baca juga : Cara Monetize Blog Yang Wajib Kamu Tahu!

a. Memperlancar BAB

Dengan mengkonsumsi daun senna atau suplemennya akan membuat BAB lancar sehingga mengurasngi gejala konstipasi atau sembelit.

Selain itu, daun yang satu ini mengandung senyawa bernama senosida. Saat dikonsumsi, bakteri dalam usus akan memecah senyawa ini dan juga merangsang pergerakan usus besar hingga melancarkan BAB.

b. Menjaga Mikroba Usus

Daun senna ini kaya akan senyawa flavonoid. Senyawa yang satu ini bersifat antioksidan yang memang baik sekali untuk kesehatan usus.

Tak hanya itu, flavonoid juga akan meningkatkan jumlah bakteri baik pada usus seperti lactobasilus protectuss.

c. Menguatkan Lapisan Pelindung Usus

Saat radang usus muncul, pelindung usus akan rentan terinfeksi oleh patogen yang dan juga bacteri yang berbahaya.

Dengan kandungan flavonoidnya, daun senna ini dapat membantu untuk mengurangi senyawa yang akan memicu reaksi peradangan di saluran pencernaan terutama pada lapisan utama usus.

Selain itu, kandungan yang satu ini bekerja sebagai antioksidan yang akan mengurangi masalah usus akibat radikal bebas.

d. Mengurangi Gejala Iritasi Usus Besar

Jika terjadi kontraksi usus yang terlalu lemah, hal ini akan menimbulkan sembelit. Dan kandungan aktif dalam daun senna ini dapat membantu mengatasi konstipasi yang disebabkan oleh IBS.

Meskipun begitu, manfaat daun senna untuk pencernaan ini tidak serta merta mengobati IBS, hanya berguna mengatasi gejalanya saja.

e. Mengatasi Gejala Ambeien

daun ini ternyata juga memiliki potensi untuk mengurangi gejala terkait dnegan ambeien karena dapat membantu melancarkan pencernaan.

Konstipasi yang tak sengaja segara akan diatasi dan membuat kamu mengejang lebih keras untuk mengeluarkan feses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.