Kenali Beragam Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan
Kenali Beragam Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

Kenali Beragam Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

89 View

Kenali Beragam Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan – Ceri sering menghiasi kue-kue manis favorit Anda. Tidak hanya sebagai hiasan, ternyata buah ceri juga bisa dinikmati langsung atau menjadi teman untuk menyantap yogurt kesukaan Anda. Ceri kaya akan nutrisi yang diyakini memiliki segudang manfaat kesehatan. Apa manfaatnya bagi kesehatan tubuh? Ayo, temukan jawabannya di ulasan berikut!

Kandungan Gizi Buah Ceri

Buah kecil dengan warna merah yang indah ini memiliki nama latin Prunus cerasus L. dan Prunus avium L. Biasanya, Orang menyajikan buah ini sebagai manisan buah atau hiasan untuk makanan lain. Anda juga bisa menikmati buah ini dalam satu porsi jus ceri.

Baca juga : Sejuta Manfaat Dari Air Rebusan Daun Sirih Cina Untuk Kesehatan

Meski bentuknya kecil, ternyata buah ceri menyimpan banyak nutrisi yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Dalam 100 gram ceri, mengandung berbagai nutrisi sebagai berikut:

  • Protein: 1,1 gram.
  • Lemak: 0,2 gram.
  • Karbohidrat: 16 gram.
  • Gula: 13 gram.
  • Kalsium: 13 mg.
  • Besi: 0,23 mg.
  • Kalium: 222 mg.
  • Thiamin (vitamin B1): 0,027 mg.
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,033 mg.
  • Niasin (vitamin B3): 0,154 mg.
  • Vitamin A: 3 mcg.
  • Kolin: 6,1 mg.
  • Vitamin C: 7 mg.
  • Folat: 4 mcg.
  • Vitamin K: 2,1 mcg.
  • Vitamin E: 0,07 mg.
  • Manfaat kesehatan ceri

5 Manfaat Buah Ceri Untuk Kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisi buah ceri, tentu akan ada manfaatnya jika Anda mengonsumsi buah ini secara rutin. Berikut adalah berbagai khasiat buah ceri berdasarkan berbagai penelitian.

Baca juga : Segudang Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Tubuh Dan Bumil

Mengatasi peradangan dan kerusakan otot

Peradangan adalah respons tubuh saat melawan infeksi. Dalam jangka panjang, peradangan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Sebuah studi tahun 2018 di jurnal Nutrients menemukan bahwa makan ceri bermanfaat untuk peradangan.

Selain itu, konsumsi makanan anti inflamasi ini juga mempercepat pemulihan otot dari kerusakan akibat aktivitas olahraga. Properti ini hadir dalam senyawa antosianin dan fenolik dalam ceri.

Menjaga kadar kolesterol tetap stabil

Orang yang kelebihan berat badan sering memiliki kadar kolesterol tinggi. Agar kadar kolesterol tetap stabil, pilihan makanan harus diperhatikan. Bagi anda yang mengalami obesitas dapat menambahkan buah ceri sebagai bagian dari diet sehat untuk mengontrol berat badan.

Baca juga : Khasiat Daun Senna Untuk Kesehatan Pencernaan

Studi menunjukkan bahwa konsumsi ceri selama 4 minggu pada orang gemuk dapat mengurangi kadar trigliserida (lemak darah). Manfaat buah ceri berasal dari senyawa antosianin yang menurunkan trigliserida di hati. Penurunan kadar lipid darah ini dapat melindungi orang gemuk dari penyakit jantung.

Mengurangi stres oksidatif

Stres oksidatif adalah tanda bahwa tingkat radikal bebas lebih tinggi dari pertahanan tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh. Biasanya stres oksidatif terjadi karena paparan tubuh terhadap radikal bebas, yang merupakan molekul yang ada dalam polusi, asap rokok tembakau, asap rokok elektronik atau vape.

Untungnya, stres oksidatif dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti ceri. Manfaat antioksidan ceri manis dan ceri asam dapat mengurangi kerusakan sel akibat stres oksidatif.

Membantu menurunkan tekanan darah

Tekanan darah Normal membantu menjaga kesehatan jantung. Jika tekanannya tinggi, bisa jadi Anda menderita hipertensi dan berisiko terkena penyakit jantung di kemudian hari. Pasalnya, tekanan darah tinggi membuat jantung lebih sulit memompa darah.

Jika Anda ingin tekanan darah Anda tetap stabil, konsumsi ceri secara teratur bisa menjadi salah satu cara mudah. Ceri memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah karena merangsang penurunan endotelin-1 (ET-1) .

Baca juga : 4 Jenis Obat Herbal Tradisional Yang Ampuh Untuk Kesehatan Tubuh

Endotelin adalah hasil dari sekresi endotelium yang menyebabkan berkurangnya penampang pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan tekanan darah. Jika kadar endotelium menurun, artinya kadar tekanan darah juga akan menurun.

Memiliki potensi untuk menurunkan risiko diabetes

Manfaat buah ceri juga mempengaruhi kadar gula darah yang berpotensi mencegah diabetes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antosianin dalam ceri dapat menurunkan gula darah dengan memperlambat produksi glukosa dari karbohidrat kompleks dan glukagon oleh sel alfa pankreas.

Efek ini dapat meningkatkan penyerapan glukosa hepatik dan merangsang produksi insulin oleh pankreas. Insulin sendiri adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah. Artinya, jika produksi insulin meningkat, tubuh akan lebih mudah menurunkan kadar gula darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.