Kebakaran Terjadi di Gedung Cyber 1, Mampang – Jakarta Selatan

Operatimur – Terjadi kebakaran di sebuah Gedung Cyber 1 daerah Mampang, Jakarta Selatan pada siang tadi. Pengamanan telah dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran yang berada di lokasi kejadian.

Berdasarkan keterangan para saksi yang berada di lokasi, Gedung Cyber 1 yang berada di Jl. Kuningan Barat Daya Raya, pada Kamis (2/12/2012) mengalami kebakaran.

Dari hasil informasi yang dikumpulkan dari para saksi, api mulai muncul di gedung lantai 2 sekitar pukul 12.30 WIB.

Petugas pemadam kebakaran yang kini telah berada di lokasi kejadian dengan sigap melakukan tindakan pemadaman. Petugas memasuki melakukan pemadaman dengan memasuki lokasi kebakaran melalui pintu lobi utama.

Sejumlah orang berlarian ke arah luar dari gedung Cyber 1 untuk menyelamatkan diri. Tampak kepulan asap pekat yang terlihat dari lobi gedung.

Belum ada informasi resmi yang disampaikan oleh pemadam kebakaran maupun pengelola gedung Cyber 1 terkait kebakaran yang terjadi siang ini.

Api Telah Padam, Para Pegawai Cyber 1 Sudah Dapat Masuk Ke Dalam Gedung Lagi

Api berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran, para petugas dan pegawai sudah diperbolehkan untuk masuk kembali ke dalam gedung.

Dari hasil pantauan detikcom di lokasi kebakaran tepatnya di gedung Cyber 1, daerah Mampang, Jakarta Selatan. Pada Kamis (2/12/2012) sekitar pukul 17.30, para pekerja terlihat sedang berbaris untuk memasuki gedung kembali.

Mereka memasuki gedung secara bergantian sesuai lokasi dan nomor lantai tempat para pegawai bekerja.

Sementara itu, salah satu petugas pemadam kebakaran memberikan instruksi kepada setiap pegawai yang akan memasuki gedung. Kemudian, para pekerja memasuki area gedung dengan rapi dan bergantian.

Berdasarkan penuturan dari salah satu petugas pemadam kebakaran yang berada di lokasi kejadian, api telah berhasil dipadamkan. “Api sudah kami padamkan. Evakuasi dilakukan melalui tangga darurat secara bergantian dan melalui lantai yang diatur langsung pada saat di lapangan sehingga tidak terjadi penumpukan di tangga darurat” tutur salah satu petugas pemadam kebakaran, Kamis (2/12/2021).

Dari hasil penuturan oleh salah satu pegawai bernama Wirandi yang kami temui di lokasi kejadian. Dirinya hendak mengambil barang seperti berkas-berkas dan laptop ke dalam gedung.

“laptop, berkas-berkas (yang dipegang) persiapan mana tau in case aja sih besok belum bisa masuk kantor ya kita sudah siapin semua,” tutur Wirandi.

Wirandi juga bercerita saat kejadian kebakaran, dirinya dan pegawai lain sedang melakukan rapat internal. Wirandi beserta pegawai lain langsung bergegas turun dan menuju ke arah lobi ketika alarm berbunyi.

“Jadi kalau aku pribadi sih kerja di lantai 10 lagi ada meeting internal, terus tiba-tiba ada yang informasikan dan alarm berbunyi dan kita langsung buru-buru turun,” jelas Wirandi.

Fakta terkait kebakaran yang terjadi di Gedung Cyber 1 daerah Menteng, Jakarta Selatan, satu orang tewas dalam insiden kebakaran ini.

Kebakaran yang dilaporkan pada pukul 12.34 WIB itu menelan korban tewas yaitu seorang yang bekerja sebagai teknisi gedung.

Dinas PKP (Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan) Provinsi DKI Jakarta telah mengerahkan setidaknya 40 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Saat ini api di Gedung Cyber 1 terlihat sudah padam.

Dugaan penyebab kebakaran di gedung Cyber 1 yang berlokasi di Jl Kuningan Barat Daya Raya, Jakarta Selatan yaitu konslet listrik. Pada siang hari pukul 12.34 WIB, titik api muncul di area lantai dua gedung.

Akibatnya, banyak petugas yang dikerahkan guna memadamkan api yang menyala. Kini, api telah sepenuhnya berhasil dipadamkan, dan para pegawai telah diizinkan untuk kembali memasuki gedung.

Lantas, seperti apa fakta dibalik insiden kebakaran yang terjadi di gedung Cyber 1, Menteng – Jakarta Selatan?

Berdasarkan penuturan dari Helbert PL Gaol selaku Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan terjadi hubungan arus pendek yang menyebabkan percikan api (korsleting).

“Arus pendek,” jawab Karsudin Gulkarmat Jaksel singkat saat ditanyai oleh jurnalis kami, di lokasi kejadian, Kamis (2/12/2012). Beliau juga menyebutkan bahwa insiden kebakaran yang terjadi berada di ruang server. Beruntung api dapat dipadamkan sebelum merambat ke lantai lainnya.

Tinggalkan komentar