warga depok ibu anak positif corona

Kronologi Temuan Kasus Ibu-Anak Warga Depok Positif Corona

19 View

Opera Timur – oleh Sapto Andika Candra, Dessy Suciati Saputri, Arif Satrio Nugroho Indonesia lewat Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (2/3) akhirnya mengumumkan dua kasus pertama positif Corona, yakni seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya yang berusia 31 tahun dipastikan positif Corona. Keduanya diketahui tinggal di Kota Depok, Jawa Barat.

Jokowi menjelaskan, ibu dan anak ini sebelumnya sempat berinteraksi dengan warga negara Jepang yang pada akhirnya juga dinyatakan positif Corona. WN Jepang ini, setelah berkunjung ke Indonesia dan bertemu ibu-anak ini, kemudian berkunjung ke Malaysia. Di Malaysia-lah, WN Jepang ini menjalani pengecekan laboratorium dan dinyatakan positif Corona.

“Begitu ada informasi minggu yang lalu ada informasi bahwa ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana, ternyata positif Corona. Tim dari Indonesia langsung menelusuri,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Senin (2/3).

Dari hasil penelusuran itulah, kemudian diketahui bahwa ada riwayat pertemuan antara WN Jepang dan dua WNI tersebut. “Dua-duanya positif Corona itu ada di Indonesia. Di sini,” kata Jokowi lagi.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (2/3) mengonfirmasi temuan kasus pertama Corona di Indonesia berasal dari di Depok, Jawa Barat.

“Di sini, di rumahnya di Depok,” kata Terawan. Menurutnya, kedua pasien positif Corona itupun saat ini tengah dirawat intensif di ruang khusus isolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof dr Sulianti Saroso Jakarta.

Kabar mengenai WN Jepang yang positif Corona dan sempat bertandang ke Indonesia muncul pada akhir Februari lalu. Saat itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan bahwa pemerintah masih menunggu data epidemiologi dari WN Jepang tersebut.

“Apa benar dia sudah ke sini, di mananya, di sana diperiksa setelah berapa hari, terus sakitnya apa. Itu harus detail,” ujar Terawan, Senin (24/2).

Terawan berpendapat, pemerintah harus berhati-hati dalam menyikapi kasus Corona ini. Ia menegaskan, pemerintah baru akan bertindak atau mengambil keputusan berdasarkan data yang diterima.

Sebelumnya, seorang pria asal Jepang memang dinyatakan positif terjangkit virus Corona usai kembali dari Indonesia. Pria tersebut dilaporkan mengalami gejala-gejala seperti flu saat masih berada di Jepang. Namun, karena hasil diagnosis tak terdeteksi mengalami pneumonia, maka ia tak dirawat di rumah sakit. [rep]

Leave a Reply

Your email address will not be published.