Jokowi Minta Anak Buahnya Cabut 40 Peraturan Menteri hingga Akhir Tahun

13 View

Opera Timur – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk mencabut 40 peraturan menteri (Permen) yang menghambat investasi hingga akhir tahun 2019.

“Presiden menginstruksikan kepada seluruh menteri sampai akhir Desember 2019, sekurang-kurangnya mencabut 40 peraturan menteri yang menghambat kemudahan investasi dan berusaha,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Pramono menjelaskan, Jokowi juga meminta persoalan perizinan di beberapa kementerian bisa dipusatkan di satu kementerian. Salah satunya, lanjut dia, perizininan kapal nelayan.

“Nanti dipusatkan satu kementerian, akan diatur bagaimana regulasinya sehingga tidak harus pergi ke Kementerian Kelautan Perikanan, Kemenhub dan sebagainya. Jadi satu pintu karena tidak mungkin bergerak maju kalau hambatan internal ini ada,” jelas politisi PDIP itu.

Sebelumnya, Jokowi meminta jajarannya untuk menghapus aturan yang menghambat investasi di Indonesia.

Menurut Jokowi, peringkat kemudahan berusaha atau ease of doing business Indonesia pada tahun ini mengalami penurunan ke posisi 73 dari tahun sebelumnya 72.

“Saya ingin para menteri mempelajari masalah-masalah yang ada secara detail, dimana poin kelemahan, titik-titik yang menjadi penghambat dari kemudahan berusaha ini,” kata Jokowi [okzn]

Leave a Reply

Your email address will not be published.