Hari bagus dalam Hitungan Primbon Kuno Atau Primbon Jawa.
Ilustrasi primbon kuno

Hari bagus dalam Hitungan Primbon Kuno Atau Primbon Jawa.

187 View

Opera Timur – Primbon kuno adalah suatu hitungan orang jaman dulu yang mempunyai arti hari bagus atau hari yang tidak bagus, yang dibilang hari keberuntungan atau hari Na’as.

Terkadang kita bingung bagaimana cara menghitungnya dan bagaimana cara mengetahuinya dimana hari itu baik atau tidak baik, berikut dibawah cara memghitungnya.

1. Minggu: 5
2. Senin : 4
3. Selasa: 3
4. Rabu : 7
5. Kamis : 8
6. Jumat : 6
7. Sabtu : 9

1. Legi : 5
2. Pahing: 9
3. Pon. : 7
4. Wagi. : 4
5. Keliwon: 8

Dalam hitungan primbon setiap harinya seperti senin sampai minggu memiliki angka masing masing sepertibyang di tulis di atas.

Cara menggabungkannya

Contoh: Kalau hari minggu legi punya hitungan 10. Karena minggu punya angka 5 dan legi juga punya angka 5. Kalau di gabungkan maka jadi 10. Disitulah kalau hari minggu legi mempunyai hitungan 10. Kamu tinggal menggabungkan nya dengan hari dan angka-angkanya,

Hari selanjutnya kamu tinggal lihat hari dan angka yang sudah saya cantumkan di atas, cara menggabungkannya atau merakapnya sama dengan cara diatas tadi, tidak sampai disitu.

Kalau orang jawa atau orang kampung mau acara nikahan atau mau bangun rumahbbaru atau mau rehab rumah mereka tidak sembarangan memulainya mereka mencari orang yang pintar yang tahu dalam hitungan hari bagus untuk memulainya.

Hari apa saja yang bagus kalau buat acara nikahan?

Dalam perimbon kuno hari yang bagus buat acara nikah/ijab qobul adalah, HARI SABTU LEGI, Sabtu legi, mempunyai angka kalau di gabungkan mempunyai angka 14, dan angka 14 itu di hitung denga. Bismillah, alhamdulillah, Innalillah, sampai 14 kali, kalau di angka terakhir angka yang ke 14nya berakhir dengan hitungan bismillah atau alhamdulillah. Maka itu bagus dan disitulah kalau hari sabtu legi bagus kalau buat acara nikahan.

Tidak sampai disitu saja. Kamu harus juga menghitung dengan tanggalnya. Kamu juga harus menghitung tanggalnya denga bismillah, alhamdulillah, innalillah, sama dengan cara diatas tadi, kalau angka terakhir berakhir dengan urutan bismillah atau alhamdulillah maka kalau dilihat dari tanggalnya juga bagus.

Demikian cara-cara yang saya sampaikan di atas mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan selebihnya Weallahua’lamu bissawab..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *