Gunung Terbesar Adalah Gunung Lamongan Di Lumajang.

Gunung Terbesar Adalah Gunung Lamongan Di Lumajang.

90 View

Opera Timur – Gunung Lamongan yang ada di daerah lumajang bagian utara gunung tersebut dikenal tidak ada aktivitas seperti gunung lainnya seperti gunung semeru yang mengeluarkan asap atau lava dll.

“Gunung lamongan hanya aktif dengan datangnya banjir ketika hujan lebat, tapi banjirnya mengalir ke sungai-sungai yang bersumber dari gunung tersebut.

Perkebunan yang ada di dekat gunung lamongan saat ini sudah bersih karena kayu kayu besarnya di tebangin dibuat lahan pertanian sama warga yang ada di sekitarnya.

Pada jaman dahulu kala gunung tersebut kalau hujan lebat kalau sudah datang banjir, banjir tersebut di iringi ular besar di depannya, kalau kata orang orang tua jaman dulu di iringi ular piton, tapi itu sebenarnya bukan hal yang selalu terjadi tapi kebetulan ular itu berada di tepi-tepi sungai dan datanglah banjir maka ular tersebut di hanyu oleh banjir.

Sangat Banyak sejarah dari gunung lamongan yang ada di lumajang karena anak gunung lamongan juga ada berikut dibawah nama-nama anak gunung lamongan Tersebut.

1. Gunung Puji
2. Gunung kecil.
3. Gunung bukek.
4. Gunung kura-kura
5. Gunung Petarangan
6. Gunung Tarop

Selain banyaknya anak gunung lamongan. Gunung tersebut juga kelilingi DANAU atau RANU. Dan danau tersebut juga memiliki nama masing-masing, berikut dibawah nama-nama danaunya.

1. Ranu kembar
2. Ranu sageren
3. Ranu merah
4. Ranu Ladding
5. Ranu Wurung.
6. Ranu Glabak
7. Ranu Pakis
8. Ranu GerRandu
9. Ranu Bedali
10. Ranu Wurung 2.

Begitulah gunung lamongan yang di kelilingi anak gunung dan dan juga di kelilingi danau danau indah yang sebagian dibuat tempat wisata.

Gunung lamongan tidak mengeluarkan api atau UAP seperti gunung semeru atau gunung Bromo, tapi gunung tersebut mengeluarkan air panas saja yang mengalir di daerah Tiris probolinggo.

Lokasi air panas yang besumber dari gunung lamongan saat ini tempat tersebut dibuat tempat wisata dan pemandangan di lokasi air panas di renovasi dan bagus, layaknya tempat-tempat wisata lainnya.

Demikianlah Sejarah dan cerita dari gunung lamongan yang berada di daerah Lumajang, untuk cerita lebih lengkapnya nanti saya akan tulis di artikel selanjutnya,

Sekian terimakasih šŸ™

Leave a Reply

Your email address will not be published.