Fungsi Utama dari Sistem Operasi

Mengenal Fungsi Utama dari Sistem Operasi Adalah

1 View

Operatimur.com – Tahukah Anda apa saja fungsi utama dari Sistem Operasi komputer? Fungsi utama sistem operasi adalah menghubungkan software dan hardware pada sebuah perangkat komputer. Simak pengertian, cara kerja, dan fungsi lainnya dari sistem operasi disini.

Pengertian Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari gabungan beberapa komponen dan metode kerja yang berfungsi untuk menjalankan perangkat komputer sesuai dengan apa yang diperintahkan.

Hal tersebut sesuai dengan penuturan dari Dony Ariyus dan Abas Ali Pangera dalam bukunya yang berjudul Sistem Operasi (2010). Dengan kata lain, sistem operasi komputer adalah metode serta komponen kerja di dalam sebuah komputer.

Tujuan dari sistem operasi komputer yaitu untuk menjadi jembatan yang menghubungkan komputer dengan manusia, atau menghubungkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Cara Kerja Sistem Operasi

Secara umum, sistem operasi pada perangkat komputer memiliki empat tahapan cara kerja. berikut ini beberapa tahap dari cara kerja sistem operasi komputer yang perlu Anda ketahui:

1. Sistem operasi akan membuat jadwal dan melakukan penjadwalan, membuat file dan menghapus file, sebagai bentuk dari manajemen proses.

2. Sistem operasi tidak dapat bekerja secara otomatis artinya sistem operasi membutuhkan perintah atau instruksi dari pengguna untuk melakukan proses kerja.

3. Setelah sistem operasi menerima instruksi, sistem operasi akan mengelola dan merubah informasi menjadi informasi yang dapat diterima oleh perangkat lunak atau software.

4. Saat sistem operasi melakukan proses terhadap instruksi yang diberikan, tampilan pada komputer akan berubah dan melakukan apa yang diinginkan oleh pengguna komputer.

Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer

Berdasarkan cara kerja, sistem operasi terbagi menjadi beberapa jenis. Sistem operasi tahap pertama dahulu hanya digunakan untuk perangkat komputer untuk menghidupkan komputer.

Seiring waktu, sistem operasi banyak mengalami pembaharuan sehingga muncul jenis-jenis baru dari sistem operasi seperti berikut ini:

MS DOS

Ms DOS merupakan sebuah singkatan untuk Sistem Operasi Disk yang diterbitkan oleh Microsoft. Ms DOS merupakan sistem operasi yang masih memiliki tampilan hitam dan putih, serta merupakan generasi awal dari sebuah metode operasi perangkat komputer.

1. Sistem Operasi Windows

Sistem operasi yang terbesar saat ini dan banyak digunakan sebagai pilihan utama untuk kebutuhan sehari-hari. Kelebihan sistem operasi Windows ialah mudah digunakan dan proses instalasi yang ramah pengguna.

2. Sistem Operasi Linux

Sistem operasi Linux merupakan sistem operasi buatan Linus Torvalds yang resmi diperkenalkan pada dunia di tahun 1991.

3. Sistem Operasi MacOS

Mac OS merupakan sebuah singkatan untuk sistem operasi dari Machintos, dan merupakan sistem operasi eksklusif yang hanya digunakan untuk komputer Apple. Keunggulan dari sistem operasi MacOS adalah memiliki tingkat keamanan tinggi yang tidak mudah untuk diretas.

Fungsi Sistem Operasi Komputer

Meskipun sistem operasi memiliki jenis yang berbeda-beda, namun secara umum sistem operasi memiliki beberapa fungsi utama. Berikut ini fungsi utama dari sistem operasi yang perlu Anda ketahui:

Menjalankan Sistem Operasi Dasar

Fungsi utama dari sistem operasi adalah melakukan dasar-dasar operasi pada komputer. Sistem operasi dianggap komponen yang menjadi landasan kerja dari perangkat lunak maupun perangkat lainnya.

Sebelum menjalankan sebuah aplikasi pada komputer, sistem operasilah yang membuat program dapat berjalan serta ditampilkan pada pengguna melalui hardware.

Mengatur Kerja dari Hardware dan Software Komputer

Sistem operasi juga berfungsi sebagai manajer yang mengatur sumber daya di dalam perangkat komputer. Sehingga sistem operasi bertugas untuk mengelola perangkat keras seperti CPU, hard disk, memori, serta semua program yang berjalan dari perangkat lunak perangkat komputer.

Jika tidak ada sistem operasi, maka perangkat lunak dan perangkat keras tidak dapat terhubung sehingga komputer tidak dapat menjalankan instruksi yang diberikan oleh pengguna.

Sebagai Wadah dari sebuah Aplikasi atau Program

Saat Anda menggunakan komputer, Anda tentu membutuhkan aplikasi atau software yang disimpan dalam ruang penyimpanan atau memori. Namun pada dasarnya semua aplikasi maupun software yang terdapat di dalam komputer menjadi bagian dari sistem operasi komputer itu sendiri.

Mengatur kerja perangkat komputer

Sistem operasi selalu terhubung dan menjadi koordinasi dari semua yang berada di dalam komputer. Hardware dan software tidak dapat bekerja bila tidak terhubung. Sistem operasi membantu pekerjaan aplikasi menjadi lebih mudah dan efisien.

Menyajikan tampilan

Tampilan pada layar komputer, laptop, maupun smartphone merupakan hasil dari instruksi yang diberikan kepada sistem operasi. Sistem operasi juga berfungsi sebagai tatap muka antara perangkat keras dengan pengguna.

Jadi, fungsi utama dari sistem operasi adalah membantu menjalankan program-program perangkat lunak untuk ditampilkan pada perangkat keras komputer seperti yang diinstruksikan oleh pengguna. Dapatkan informasi menarik lainnya yang terbaru hanya di situs kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.