Habib rizieq shihab

Dubes Saudi: Ada Negosiasi oleh Pejabat RI Saudi tentang Habib Rizieq, (HRS)

40 View

Opera Timur -Duta Saudi (Dubes) Arab Saudi, Esam A Abid Althagafi, mengatakan ada negosiasi antar-otoritas yang tinggi antara Arab Saudi dan Indonesia mengenai Duta Besar FPI Habib Rizieq Syihab. Namun dia tidak mengungkapkan detail negosiasi.

“Masalah ini sedang dinegosiasikan oleh para pejabat tinggi kedua negara dan kami berharap ini dapat diselesaikan segera,” kata Esam ketika ditanya tentang Habib Rizieq setelah bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud Md di Kemenko Polhukam, Jalan Merdeka Medan Barat, Jakarta Pusat pada Senin 25/11/2019).

“Saya tidak bisa mengatakan apa-apa karena sedang dinegosiasikan oleh dua otoritas antara Arab Saudi dan Indonesia,” lanjutnya.

Habib Rizieq sendiri saat ini berada di Saudi dan mengatakan ia ‘dilarang’ untuk bisa kembali ke rumah. Tetapi Esam menyebutkan bahwa tidak ada diskusi tentang ‘pemblokiran’ Habib Rizieq ketika dia bertemu Mahfud.

“Hari ini kami tidak membahas ini, kami hanya berbicara tentang Arab Saudi dan Indonesia,” katanya.

Esam mengatakan ia dan Mahfud berbicara tentang kerja sama antara Indonesia dan Arab Saudi. Kolaborasi ini melibatkan mengadakan konferensi di Jakarta dan pariwisata.

“Kami baru-baru ini membahas kerja sama antara Arab Saudi dalam banyak hal yang berbeda, seperti mengadakan konferensi sistemik di Jakarta dan kami juga membahas membawa seluruh Arab Saudi untuk mengunjungi Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia,” katanya.

Sebelum ini, PA 212 melanjutkan upayanya untuk Front Pertahanan Islam (FPI) Imam Besar Habib Rizieq Syihab untuk kembali ke tanah airnya dan menghadiri Reuni Akbar 212. PA 212 mengklaim telah menyerahkan Dubes Arab Saudi ke Indonesia kepada Kementerian Luar Negeri.

“Kami masih bekerja. Kami telah mengirim surat ke Arab Saudi, Kemlu, Komisi Hak Asasi Manusia, dan kami juga telah meminta orang Arab, Kemlu, Komisi Hak Asasi Manusia, DPR, dan polisi,” kata Kepala Kepolisian PA 212 Maarif. di FPI DPP, Jalan Petamburan, Tanah Merah, Jakarta Pusat, Kamis (21/11).  [Dtk]

Leave a Reply

Your email address will not be published.