presiden iran,

Di Kuala Lumpur, Presiden Iran Dorong Mekanisme Asuransi Transportasi Untuk Negara-negara Muslim

9 View

Opera Timur – Presiden Iran Hassan Rouhani lantang mendorong usulan pembentukan mekanisme asuransi transportasi khusus untuk negara-negara Muslim.

Usulan itu dipaparkan dalam KTT Muslim yang digelar di Kuala Lumpur Malaysia (Kamis, 19/12). Dalam kesempatan itu, Rouhani mengatakan bahwa sudah waktunya bagi dunia Muslim untuk mencari persamaan, termasuk dalam bidang asuransi.

“Kami memahami bahwa hari ini, banyak transaksi dan kegiatan ekonomi kami bergantung pada asuransi luar negeri, asuransi yang berasal dari negara-negara besar,” kata Rouhani.

“Inilah sebabnya kami, sebagai negara Muslim, (jika) kami dapat bekerja sama untuk mendirikan asuransi, khususnya dan khusus untuk negara-negara Muslim, terutama dalam transportasi dan transit, itu akan menyelamatkan kami dari ketergantungan pada orang asing,” tegasnya seperti dimuat Reuters.

Bukan hanya itu, dia juga mendorong persatuan dalam sektor perbankan. Rouhani mengatakan, negara-negara Muslim harus bertransaksi dalam mata uang mereka sendiri. Gagasan itu didukung oleh Presiden Turki Tayyip Erdogan.

“Kita harus membebaskan perdagangan bilateral dari tekanan valuta asing,” kata Erdogan pada pertemuan puncak itu.

“Daripada melakukan perdagangan dengan mata uang asing, kami ingin melakukan perdagangan luar negeri dengan mata uang nasional kami,” tambahnya. [rmol]

Leave a Reply

Your email address will not be published.