Cegah Corona, Salah Satunya Social Distance

Cegah Corona, Salah Satunya Social Distance. Apa itu?

11 View

Opera Timur – Sahabat, penyebaran wabah virus corona COVID-19 saat ini semakin tinggi. hingga hari Sabtu (14/3/2020) sudah ada lebih dari 145 ribu kasus virus corona terkonfirmasi di dunia. (John Hopkins University, Center for Systems Science and Engineering)

Hal ini mengakibatkan beberapa negara memutuskan untuk lockdown. Kegiatan di tempat umum seperti sekolah, universitas, hingga objek wisata sementara ditutup.

Salah satu cara yang dianggap dapat mencegah penyebaran virus corona saat ini adalah social distancing measures (menjaga jarak sosial). Social distancing adalah tindakan yang bertujuan mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain untuk mengurangi peluang penularan virus.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengeluarkan himbauan bagi kita agar menjaga jarak antar manusia agar mencegah penularan virus Corona/COVID19.

Sebagai seorang muslim apa saja yang bisa kita lakukan ketika masa social distancing ini? Kita bisa melakukan banyak hal produktif meski di rumah dan bisa sekaligus meningkatkan kedekatan kepada Allah SWT dengan melakukan hal – hal berikut:

  • Baca Juga
  • Ilmuwan mengungkap virus corona bisa bertahan di tubuh selama lima pekan
  • Jumlah Positif Corona di Indonesia Menjadi 96 Orang

1. Perbanyak sholat sunah

Cegah Corona, Salah Satunya Social Distance
Ada 5 shalat sunah yang bisa dirutinkan yakni, Shalat Rawatib, Tahajud, Witir, Dhuha, dan Isyroq.

2. Perbanyak Tilawah Quran
“Bacalah Al Qur’an karena Al Qur’an akan datang pada hari kiamat nanti sebagai syafi’ (pemberi syafa’at) bagi yang membacanya.” (HR.Muslim)

3. Menghafal Quran
“Dikatakan kepada orang yang membaca (menghafalkan) Al Qur’an nanti: ‘Bacalah dan naiklah serta tartillah sebagaimana engkau di dunia mentartilnya. Karena kedudukanmu adalah pada akhir ayat yang engkau baca (hafal).” (HR. Abu Daud)

4. Shaum Sunah
Sebentar lagi Ramadhan. Dan salah satu kebiasaan Rasulullah menjelang Ramadhan adalah memperbanyak shaum terutama di bulan sya’ban. Dan bagi yang punya utang shaum, inilah saatnya membayar qodo.

5. Bersedekah
Rasulullah Shallahu ‘alaihi Wassallam bersabda: “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah.” (HR. Imam Baihaqi).

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak tetap efektif belajar di rumah.

1. Lakukan kebiasaan sekolah di rumah
Meskipun anak berada di rumah, Anda tetap harus melakukan kebiasaan yang selalu diterapkan saat bersekolah. Misalnya, anak harus bangun jam 6 pagi, mandi dan sarapan. Setelah itu, barulah Anda minta anak untuk belajar hingga waktu istirahat tiba. Contohnya, jam 10 dan jam 12, Anda bisa memberikan waktu istirahat selama 15-20 menit. Ini membuat anak tetap disiplin meskipun ada di rumah.

2. Belajar wajib di meja
Saat di rumah dan akan belajar, jangan sekali-kali membiarkan anak melakukannya di luar meja belajar. Misalnya di atas kasur atau di depan televisi. Sebab, konsentrasi anak anak terganggu dan cenderung ingin bermalasan. Dengan membiasakannya belajar di meja, fokusnya pun tidak akan terpecah dan hanya pada buku pelajaran saja.

3. Temani dan bimbing anak
Bagi beberapa sekolah, belajar dengan metode streaming dengan guru sudah diterapkan. Tapi bagi mereka yang belum mendapatkan hal ini, tentu perlu ada pendampingan dalam belajar. Nah, Anda bisa berlaku sebagai guru dengan mengajari anak agar ia mengerti tentang materi yang sedang dipelajari. Jika Anda sibuk, coba minta pengasuh atau guru les untuk datang ke rumah dan menggantikan Anda.

4. Hindari gadget dan alat elektronik lainnya
Khususnya bagi anak yang duduk di sekolah dasar dan menengah pertama, alat elektronik tentu belum diperbolehkan untuk digunakan selama sekolah. Walaupun anak belajar di rumah, hal ini pun wajib diterapkan. Sebab, ini bisa menjadi distraksi sehingga anak enggan belajar. Apabila Anda sudah mempercayakannya handphone, maka ambil perangkat tersebut hingga waktu belajar usai.

Yuk kita barengi ikhtiar kita ini dengan penuh keyakinan dan kesabaran, semoga Allah beri perlindungan kepada kita semua. Aamiin.

“tidaklah seorang hamba yang dilanda wabah lalu ia menetap dikampungnya dengan penuh kesabaran dan mengetahui bahwa tidak akan menimpanya kecuali apa yang Allah SWT tetapkan, baginya pahala orang yang mati syahid.” (HR. Bukhari dan Ahmad)

SUMBER: rumahzakat.org

Gallery for Cegah Corona, Salah Satunya Social Distance. Apa itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.