Cara Trading Gold Yang Menguntungkan Dan Mudah Dipraktikkan

Cara Trading Gold Yang Menguntungkan Dan Mudah Dipraktikkan

79 View

Operatimur.com – Perdagangan emas Online, atau sering disebut perdagangan emas, bisa lebih menguntungkan daripada investasi emas fisik. Namun, pergerakan harga yang muncul di platform trading online naik dan turun dengan sangat cepat.

Bagaimana kita mendapatkan keuntungan dari perdagangan emas? Pada artikel ini, kita akan membahas dua cara untuk perdagangan emas yang menguntungkan dan mudah bagi pedagang pemula untuk berlatih.

1. Cara Trading Emas Untuk Jangka Pendek (Scalping Emas)

Strategi Scalping ditujukan untuk menghasilkan keuntungan kecil, tetapi sering. Pedagang yang menggunakan strategi ini biasanya menggunakan kerangka waktu kecil (antara 1 menit sampai 15 menit) dengan target keuntungan antara 5-10 pips setiap kali mereka menutup posisi. Berikut adalah langkah-langkah untuk scalping emas:

  • Buka grafik emas dalam 1 menit. Setelah itu, instal indikator stochastic dengan pengaturan 5, 3, 3 pada grafik. Juga pasang dua indikator Exponential Moving Average (EMA), dengan periode masing-masing 50 dan 100. Baik stochastic dan EMA dapat ditemukan dengan mudah di sebagian besar platform perdagangan forex.
  • Perhatikan pergerakan grafik selama sesi London dan New York (antara 14: 00-20: 00 WIB). Ketika garis 50 EMA berada di atas garis 100 EMA, Anda dapat membeli setelah Stochastic melintasi level 20 dari bawah ke atas. Di sisi lain, ketika garis 50 EMA berada di bawah 100 EMA, Anda dapat menjual setelah gerakan stokastik menembus level 80 dari atas ke bawah.
  • Untuk menghindari kerugian yang tidak terduga, tempatkan juga Stop Loss (SL) 2-3 pips dari harga pembukaan. Take Profit (TP) dapat diperoleh 5-10 pips dari harga pembukaan, atau setelah pergerakan harga mendekati level stochastic 20 dan 80 lagi.

Strategi scalping emas bisa menguntungkan dalam jangka pendek jika Anda seorang bear trader yang mampu menyiapkan modal besar. Mengapa? Karena keuntungan hanya 5-10 pips per posisi perdagangan, mereka dapat terkikis oleh biaya seperti komisi dan koneksi internet jika modal perdagangan Anda minimal. Belum lagi kelelahan psikologis karena harus terus memantau pergerakan di atas grafik.

Agar profit cukup seimbang, trader disarankan untuk membuka posisi 1 lot dengan leverage maksimal 1: 100. Oleh karena itu, modal juga harus besar, atau setidaknya antara USD500-1000. Pedagang juga harus mempraktikkan teknik ini di akun demo terlebih dahulu dan kemudian mempraktikkannya di akun nyata.

2. Cara Trading Emas Dalam Jangka Menengah (Swing Trading)

Jika Anda enggan memantau monitor setiap hari, maka metode trading emas kedua ini mungkin lebih cocok untuk diterapkan. Dalam strategi ini, Anda cukup membuka dan menutup posisi sebulan sekali, memperhatikan siklus musiman.

Dari siklus ini, dapat disimpulkan bahwa harga emas cenderung meningkat setiap Januari, Februari, Agustus, September, November dan Desember. Oleh karena itu, kami akan fokus mendeteksi titik masuk yang tepat agar kami dapat membeli secara optimal dalam enam bulan ini. Langkah:

  • Mari kita ambil contoh dari Februari. Di awal bulan, gambarlah retracement Fibonacci untuk pergerakan harga selama bulan sebelumnya, yaitu dari awal hingga akhir Januari. Fibonacci Retracement juga mencakup alat analisis teknis yang umumnya tersedia di platform perdagangan. Hasilnya akan seperti ini:
  • Lihatlah garis Fibonacci 0,5 dan atau 0,618 (contoh di kotak kuning yang dibingkai oleh gambar). Tunggu hingga pergerakan emas berbalik ke kedua garis, dan kemudian buka posisi long dengan stop Loss bertepatan dengan level rendah sebelumnya (dalam contoh ini, yang kami maksud adalah level 1278.39, yang bertepatan dengan garis Fibonacci 1). Target take Profit (TP) dapat ditentukan setara dengan garis Fibonacci 0, atau dibiarkan mengambang dengan Trailing Stop yang dilengkapi hingga akhir bulan.

Skenario penjualan hanya boleh dilakukan pada bulan-bulan ketika tren harga menurun, yaitu pada bulan Maret dan Oktober. Cara perdagangan emas diterapkan serupa, hanya dalam arah yang berlawanan.

Artinya, Anda terus menggambar retracement Fibonacci bulan sebelumnya dan menunggu harga naik hingga batas Fibonacci 0,5 atau 0,382 digunakan sebagai referensi untuk posisi jual terbuka. Terlalu sederhana dan mudah tidak!? Buka akun demo di broker favorit Anda dan coba terapkan strateginya sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.