5 Langkah Mudah Cara Mengatasi Laptop yang Lemot

Punya laptop yang lemot terkadang membuat kita kesal bahkan rasanya ingin dijual saja. Sebenarnya ada cara mengatasi laptop yang lemot agar menjadi lebih cepat multi tasnya daripada Anda menjualnya.

Laptop yang lemot sering dialami pada laptop dengan sistem operasi Windows 10 karena hanya 10 ketika tersambung koneksi internet selalu memperbarui update sistemnya.

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot

Sebenarnya bukan karena sistemnya yang membuat kinerja laptop menjadi lemot. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar laptopnya tidak lemot lagi. Kami mengolahnya dengan 5 cara mengatasi laptop tidak lambat seperti ini.

Berikut adalah cara mengatasi laptop yang lemot agar kinerja menjadi lebih maksimal lagi :

Menghapus Program Tidak Penting

Terkadang kita lupa telah menginstal banyak aplikasi atau program di laptop kita sehingga tiba-tiba laptop menjadi lemot. Atau bahkan tanpa sadar kita menginstal aplikasi tertentu tiba-tiba sudah terinstal sendiri tanpa persetujuan dari kita.

Semakin banyak aplikasi tentu juga banyak aplikasi yang berjalan dibelakang layar sehingga kinerja laptop menjadi lemot. Solusi pertama untuk mengatasi laptop yang lemot adalah any stale atau menghapus program yang tidak penting.

Sebagai contoh Anda menggunakan laptop untuk kebutuhan sekolah yang mana membutuhkan program Microsoft office saja. Jadi hapuslah beberapa aplikasi lain atau game yang tidak penting.

Baca Juga: Fungsi Utama Sistem Operasi

Hapus File / Folder Temp Rutin

Setiap kita membuka aplikasi di perangkat Windows baik membuat atau mengubah sebuah file menggunakan program tertentu biasanya akan tersimpan otomatis di folder temp. Sebagai contoh Anda membuka aplikasi berupa dokumen untuk membuat dan menyimpan dokumen biasanya dinas menyimpan file terpisah di folder temp.

File di folder tersebut secara otomatis tersimpan jadi di hapus lah secara rutin agar file tidak menumpuk sehingga menyebabkan memori laptop menjadi penuh.

Semakin banyak memori yang tersimpan maka semakin besar kemungkinan laptop menjadi lemot. Berikut cara cara menghapus file di folder temp :

  • Tekan tombol Windows + R.
  • Ketik %temp%, dan enter.
  • Tekan tombol CTRL + A.
  • Tekan Shift + Del untuk menghapus file-file tersebut.

Bersihkan File di Folder Prefetch

Cara selanjutnya selain folder temp menghapus file di folder prefetch juga perlu Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang lemot. Berikut caranya :

  • Tekan tombol Windows + R.
  • Ketik prefetch dan enter.
  • Klik izinkan untuk administrator kemudian klik OK.
  • Hapus semua file tersebut.

Disable Aplikasi Startup Windows

Setiap Windows yang aktif biasanya beberapa program tertentu juga aktif secara otomatis. Inilah yang menyebabkan laptop menjadi lemot karena aktivitas di Windows banyak yang aktif. Berikut cara mengatasinya :

  • Tekan tombol kombinasi Windows + R.
  • Ketik msconfig dan enter.
  • Silakan disable program tidak penting.

Mengatasi Laptop Lemot dengan Matikan Efek Tidak Perlu

Alternatif lain agar laptop tidak lemot yaitu dengan mematikan visual effect yang tidak penting. Memang emang visual efek seperti animasi membuat performa menjadi menarik. Harus anda sadari hal tersebut bisa menyebabkan kinerja laptop menjadi lemot.

Berikut adalah cara mengatasi laptop yang lemot dengan mematikan efek yang tidak perlu di Windows :

  • Buka Windows Explorer kemudian klik kanan pada menu this PC.
  • Pilih opsi performance silakan pilih menu setting.
  • Ubah pilihan tersebut menjadi custom.
  • Silahkan pilih visual effect yang menurut anda perlu saja dan pastikan setelah memilih kinerja laptop menjadi tidak lemot lagi

Semoga dengan 5 cara sederhana ini untuk mengatasi laptop agar tidak lemot sangat membantu kinerja laptop anda. Silahkan praktekkan kelima cara tersebut agar menjadi lebih maksimal kinerja laptopnya.

Tinggalkan komentar