cara mengatasi ac mati sendiri

Cara Mengatasi AC Mati Sendiri Dengan Mudah, 100% Work!

103 View

Cara mengatasi AC mati sendiri memang terlihat agak sulit, apalagi bagi kamu yang baru pertama kali memiliki perangkat AC tersebut dan tidak tau caranya bagaimana mengatasi hal tersebut. Biasanya permasalahan ini muncul bagi kamu yang membeli perangkat elektronik second.

Pada dasarnya, perangkat second memang terlihat lebih menggoda karena harganya pasti murah dibandingkan dengan harga baru. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan karena kualitasnya pun tidak bisa bagus seperti apa adanya.

Banyak problem yang akan kamu hadapi, misalnya AC bocor, tidak dingin, terus menenteskan air, dan mati sendiri. Pada pembahasan kali ini, kami ingin share cara mengatasi AC mati sendiri tentunya dengan mudah.

Cara Mengatasi AC Mati Sendiri

Sebenarnya banyak sekali faktor yang mempengaruhi kenapa AC bisa mati sendiri tanpa kita sentuh remotnya sedikitpun, justru hal itu yang membuat kita bingung bukan. Kita harus tracing terlebih dahulu penyebab AC mati sendiri dan kemudian baru kita atasi.

Baca Juga: Cara Melihat Slatking Facebook

Cara mengatasi AC mati sendiri ternyata tidak sulit loh, kamu cukup perhatikan beberapa poin atau langkah berikut ini.

1. Periksa Timer AC

Hal sederhana yang biasanya kita lupakan adalah karena remote AC yang kita punya ternyata masih ada timer, oleh sebab itu masih nyantol diwaktu khsus atau beberapa jam nyala maka AC pun akan mati. Sebagai pemilik baru pun akan bingung menghadapi hal ini, jadi cara mengatasinya adalah mematikan timer AC pada remotnya langsung.

2. Sensor Suhu AC Rusak

AC keluaran terbaru biasanya sudah memiliki inverter, menyebabkan saat kondisi ruang dingin akan otomatis mati dan kemudian nyala kembali saat kondisi ruangan mulai panas. Namun, satu kondisi AC tidak bisa nyala kembali karena thermocouple dalam AC rusak, sehingga pembacaan suhu nya jadi tidak teratur. Langkah mengatasinya adalah mengganti sensor suhu tersebut.

3. AC Kotor

Permasalahan paling umum cara mengatasi AC mati sendiri adalah karena AC nya sudah mulai kotor, jadi AC pun sudah mulai error. Lebih baik AC harus dibersihkan setidaknya setiap 3 bulan sekali untuk menjaga performa dari AC jika digunakan terus menerus seharian, jika jarang digunakan tidak terlalu jadi masalah.

Nah, dari 3 poin tersebut merupakan cara mengatasi AC mati sendiri yang perlu kamu perhatikan. Penyebab utama yang biasa kamu jumpai adalah karena kamu lupa mematikan timer di AC itu sendiri, jadi harus dicek ya. Semoga berhasil dan bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.