cara membuat es batu agar tidak lengket di freezer dengan benar
cara membuat es batu agar tidak lengket di freezer dengan benar

Cara Membuat Es Batu Agar Tidak Lengket Di Freezer Dengan Benar

1 View

Operatimur.comCara membuat es batu agar tidak lengket di freezer dengan benar-mempunyai freezer dirumah merupakan hal yang boleh-boleh saja, pasalnya freezer sangat banyak manfaatnya untuk menyimpan barang makanan dengan katagori mudah cair atau rusak sehingga solusi terbaik dengan menyimpannya pada lumari kulkas atau yang disebut dengan freezer ini.

Secara garis besar fungsi dari freezer adalah membuat atau membekukan makanan atau minuman agar tahan lama, bisa juga untuk membuat es batu sebagai keperluan sehari-hari dan bisa juga untuk menjual es batu pada konsumen yang membutuhkannya.

Adapun cara yang paling mudah untuk membuat sebuah es batu adalah dengan satu bungkus plastik ukuran 1 kilo dengan diisi air putih lalu diletakkan pada freezer yang kosong, maka dengan menunggu 1 x24 jam air dalam bungkusan tersebut akan membeku dan menjadi sebuah bongkahan es batu.

Cara membuat es batu agar tidak lengket di freezer dengan benar

Hampir satu tahun lamanya saya membuat es batu untuk dijual pada konsumen yang membutuhkannya, harga es batu yang ada disekitar rumah saya tidaklah terlalu mahal dan tidak juga terlalu murah, harga yang diberikan sesuai dengan barang yang dijualnya, musim panas yang hampir 6 bulan lamanya membuat es batu buatan saya laku keras, bisa mencapai 15 bungkus es batu dalam 1 harinya, lumayan untuk menambah penghasilan dan mengcover biaya tagihan listrik setiap bulannya.

Saya menjual es batu dengan harga seribu rupiah (1000) dengan modal air dan bungkus plastik 1 kiloan maka es batu sudah jadi dalam 1×24 jam saja, nah kebetulan nih bagi kamu yang juga ingin membuat es batu agar tidak lengket di freezer ada cara dan triknya hal ini juga berlaku pada daging yang disimpan pada freezer agar cara pengambilan daging menjadi mudah dan cepat.

Pada mulanya saya membuat es batu mendapat kendala disaat pengambilan, karena sangat lengket dan tempelan kuat pada dingding freezer dan es batu lainnya sehingga membutuhkan waktu lama dalam pengambilan es batu tersebut namun lambat laun saya mengakali agar menjadi mudah dalam proses pengambilan hal ini saya lakukan sudah beberapakali dengan cara yang berbeda-beda pula.

1.Bersihkan freezer dari bunga es yang menempel kuat

Untuk awalnya pastikan freezer yang kamu gunakan bersih dari bunga es atau kristal yang masih menempel didinding atau alas freezer, hal ini untuk mencegah lengketnya ez batu pada dinding dan juga alas di freezer, dan juga dapat membantu mempercepat proses pembekuan.

Adapun cara cepat membersihkan bunga es di freezer sangatlah mudah dengan tanpa mematikan freezer yang sedang menyala, yang mana setiap freezer sudah disediakan alat srepeng untuk membersihkan bunga es yang menempel, maka dengan alat tersebut kamu dapat dengan mudah membesihkan kristal es yang menempel kuat.

2.Tempatkan es dengan jarak 1-2 cm

Setelah bungkusan air  selesai dibuat maka langkah selanjutnya menempatkan bungkusan tersebut pada jarak 1-2 cm agar tidak terjadi pelengketan dengan sesama es batu, dengan begitu kamu akan mudah untuk mengambilnya, meskipun es tersebut menempel dinding freezer.

3.Pastikan tidak ada air di freezer tersebut

Sebelum menempatkan bungkusan calon es batu, tempat atau freezer dapat dipastikan bersih dari percikan air serta plastik untuk bungkus calon es batu harus kuat agar tidak tumpah dan terhindar dari pembekuan masal.

Nah itulah cara membuat es batu agar tidak lengket di freezer dengan benar dan tips ini juga berlaku pada kulkas atau freezer jenis apapun, karena sejatinya semua freezer mempunyai fungsi yang sama.

Untuk mempecepat pembekuan calon es batu, maka yang perlu diperhatikan adalah suhu freezer harus normal, kebersihan dalam freezer itu sendiri, serta rutin membersihkan kristal es di freezer, dengan cara tersebut maka kamu akan terhindar dari penyebab es batu lama beku serta berbagai kesimpulan lainnya.

Saran saya untuk menggunakan freezer box dalam membuat es batu, selain mempunyai ruang yang cukup besar, kamu tidak akan kesulitan dalam proses pengambilan es batu tersebut.

Demikianlah artikel sederhana ini, semoga dapat memberikan referensi yang berguna bagi semua orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *