Cara Jitu Memulai Bisnis Coffee Shop di Jamin Sukses
Cara Jitu Memulai Bisnis Coffee Shop di Jamin Sukses

Cara Jitu Memulai Bisnis Coffee Shop di Jamin Sukses

67 View

Operatimur.comCara Jitu Memulai Bisnis Coffee Shop di Jamin Sukses – Bagi masyarakat perkotaan, kini minum kopi telah menjadi gaya hidup yang kemudian berkembang menjadi tren di semua kalangan, mulai dari remaja, pelajar, pekerja kantoran, hingga masyarakat umum.

Orang-orang membuat kedai kopi tidak hanya sebagai tempat untuk menikmati kopi, tetapi juga untuk bergaul dengan teman-teman, bahkan untuk melakukan pekerjaan kantor dan mengadakan pertemuan penting.

Maka tidak heran jika banyak coffee shop baru bermunculan di berbagai jalan di perkotaan, karena merupakan peluang bisnis coffee shop yang benar-benar menjanjikan.

Baca juga : 4 Cara Jitu Menjadi Reseller Sukses Tanpa Modal Dengan Untung Melimpah

BukuKas-kegiatan orang-orang dengan berbagai kesibukan di kedai kopi

Apakah anda tertarik untuk menjalankan kedai kopi? Ada baiknya untuk terlebih dahulu mempertimbangkan beberapa aspek yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis ini.

  1. Mendefinisikan konsep
    Di tengah maraknya bisnis kedai kopi, penting bagi Anda untuk memikirkan konsepnya dengan cermat agar kedai kopi Anda dapat menonjol di antara yang lain dan menarik pelanggan. Tentukan konsepnya harus disesuaikan dengan modal yang anda miliki. Anda bisa memulainya dengan konsep sederhana namun nyaman untuk bersantai, karena biasanya orang pergi ke kedai kopi untuk bersantai sejenak di tengah kesibukan. Banyak juga yang ingin mencari tempat yang tenang untuk melakukan pekerjaan mereka. Belum tentu semua orang menyukai tempat yang mewah, karena sebenarnya mereka hanya mencari tempat yang nyaman untuk berlama-lama dan mengobrol.

Dalam merancang sebuah konsep, Anda bisa mulai dengan memikirkan hal-hal berikut:

Target pasar: menentukan target pasar dari awal akan memberi Anda gambaran tentang konsep kedai kopi seperti apa yang akan Anda buat. Jika target Anda adalah remaja dan pelajar, misalnya, maka Desain Tempat, jenis kopi dan kisaran harga tentu akan disesuaikan dengan selera dan kemampuan mereka, dan itu akan menjadi kasus lain jika Anda menargetkan pekerja kantor atau orang-orang dari usia yang lebih dewasa.

Area di sekitar lokasi: jika Anda mendirikan Kedai kopi di tengah area kantor yang sibuk, misalnya, Anda mungkin harus menyediakan layanan ‘take away’ dan ‘delivery’. Anda juga dapat menyediakan ruang khusus untuk pertemuan kecil.

Anda juga dapat menjual dengan harga yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kedai kopi yang terletak di area kampus.
Makanan atau tidak? Tip: jika Anda berencana untuk menyajikan menu makanan, pikirkan apakah akan membeli makanan dari pihak lain atau membuatnya sendiri.

  1. Cari tahu tentang Varian Kopi populer
    Lakukan sedikit “riset” untuk menentukan jenis kopi yang akan Anda sajikan di kedai kopi, dengan sering berkunjung ke beberapa kedai kopi paling direkomendasikan yang memiliki konsep serupa atau mirip dengan kedai kopi yang Anda rencanakan, dan pesan bahan-bahan paling populer di sana. Hal ini setidaknya memberikan gambaran tentang tren varian kopi yang banyak dipilih dan disukai oleh pelanggan.

Dari hasil penelitian ini Anda juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan varian kopi yang disajikan dari kedai kopi lainnya, sehingga anda bisa membuat varian kopi dari jenis yang sama namun dengan rasa yang lebih enak.

  1. Temukan pemasok biji kopi yang tepat
    Hal terpenting sebelum memulai bisnis coffee shop adalah mencari penyedia biji kopi berkualitas. Ketika memilih biji kopi, penting untuk mempertimbangkan apakah Anda suka kopi? Jika tidak, maka kemungkinan besar pelanggan Anda juga tidak akan menyukainya.

Untuk bisa mendapatkan supplier yang tepat, jika Anda memiliki banyak waktu luang dan budget lebih, Anda bisa langsung mengunjungi area tempat kopi diproduksi. Sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak jenis kopi rasa tinggi yang tersebar di seluruh nusantara.

Bahkan jika Anda tidak dapat mengunjungi area ini, cari informasi atau hubungi pemasok yang dapat diandalkan. Anda dapat meminta tester pertama. Jika sesuai dengan selera dan harga, maka anda bisa mendiskusikan kerja sama lebih lanjut.

  1. Mengembangkan rencana bisnis
    Rencana bisnis mencakup banyak hal penting tentang bisnis yang akan dijalankan, seperti konsep kedai kopi, target pasar dan penelitian tentang kondisi pasar atau pesaing.

Business plan tidak hanya akan membantu Anda untuk mulai menjalankan coffee shop, tetapi juga dibutuhkan ketika Anda sedang mencari modal tambahan.

  1. Mempersiapkan modal
    Membuka bisnis coffee shop membutuhkan banyak biaya, setidaknya sekitar Rp20 juta. Itu belum termasuk biaya sewa tempat. Jadi pastikan Anda memiliki modal yang cukup untuk memenuhi kebutuhan peralatan yang harus ada di coffee shop.

Mungkin Anda membutuhkan waktu 6-12 bulan untuk menikmati manfaatnya. Oleh karena itu, modal yang disiapkan harus memenuhi kebutuhan biaya operasional agar keuntungan bisnis coffee shop anda dapat menutupi biaya operasional. Mengenai total Biaya, ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang orang-orang yang pernah berkecimpung dalam bisnis semacam ini sebelumnya.

Dengan modal Rp20 juta, Anda sudah bisa membeli mesin pembuat kopi sederhana. Jika modal masih kecil, Anda dapat mengundang beberapa teman untuk bergabung dengan bisnis ini. Jangan lupa untuk membuat kesepakatan sebelum memulai bisnis untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan di masa depan.

Anda juga perlu memahami bahwa pada awal pendiriannya, bisnis ini belum tentu dapat langsung menghasilkan keuntungan. Karena itu, Anda perlu memiliki tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda setidaknya selama 6 bulan ke depan.

Selain mengundang teman-teman Anda untuk bergabung, cara lain untuk mengembangkan bisnis adalah dengan mencari pinjaman untuk modal tambahan.

  1. Tentukan lokasi kedai kopi
    Selain modal, lokasi juga memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Pemilihan lokasi menjadi penentu bisnis yang anda jalankan berhasil atau tidak. Oleh karena itu, carilah tempat yang strategis dengan akses yang mudah ditemukan. Cobalah untuk berada di kerumunan.

BukuKas-kedai kopi di tengah keramaian trotoar
Misalnya, Anda bisa memilih tempat seperti dekat dengan kampus, sekolah, kantor atau di mall. Sesuaikan juga pemilihan tempat dengan target pasar yang dituju agar pasar tepat sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.