Cak Thoriq : Perpres 80 Tahun 2019. Jalan Tol Probolinggo – Lumajang

55 View

Opera TimurCak Thoriq Perpres 80 tahun 2019 ini, menyelesaikan persoalan akses utama menuju Lumajang, dengan dua program sekaligus. Yaitu pelebaran jalan nasional Probolinggo – Lumajang, dan pembangunan jalan tol Probolinggo – Lumajang.

Yang pertama adalah ; Pelebaran jalan nasional Probolinggo – Lumajang dengan anggaran APBN 454 milyar. Tentu, ada percepatan dalam mengatasi problem kemacetan yang sering terjadi. Itu artinya, bila program ini on progres pelaksanaan pembangunannya di tahun 2020. Maka, di tahun 2021 jalan nasional Probolinggo – Lumajang akan lebih lebar dari yang ada sekarang.

Yang kedua adalah ; Pembangunan jalan tol Probolinggo – Lumajang. Bagi Lumajang, pembangunan jalan tol dengan skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) tentu menambah nilai percepatan progres, karena dengan konsep KPBU memungkinkan pihak swasta untuk terlibat secara aktif. Di samping itu juga, pembangunan jalan tol tidak bergantung dengan anggaran APBN, dan bisa menjadi kesepakatan konsorsium bagi pihak swasta dalam pengelolaan permodalan pembangunan jalan tol. Harapanannya, bila tahun 2020 bisa di mulai langkah detailing teknis terkait trase jalur, exit tol, area lahan yang digunakan. Maka, di tahun 2021 sudah bisa di mulai untuk perencanaan lahan sekaligus pembebasan lahan. Berikutnya, konsolidasi konstruksi bisa diharapkan di tahun 2022 hingga 2023.

Saya optimis, bila menuju Lumajang mendapatkan kemudahan akses. Maka, potensi keunggulan Lumajang dari semua sektor bisa mengalami percepatan pertumbuhan. Pariwisata akan tumbuh, pertanian akan menemukan akses pasar dengan kemudahan akses transportasi, UMKM akan memiliki daya beli dengan semakin banyaknya orang yang berkunjung ke Lumajang, sektor industri olahan juga memiliki harapan karena UMK (Upah Minimun Kabupaten) Lumajang masih terjangkau. Target utamanya adalah pertumbuhan ekonomi semakin meningkat dan masyarakat Lumajang semakin sejahtera.

Apakah persoalan sudah tuntas. Tentu tidak, masih banyak yang harus di selesaikan. Antara lain, jaminan pelayanan pemerintah terhadap kemudahan investasi, SDM masyarakat Lumajang yang harus siap dengan percepatan perubahan, standart pelayanan terhadap jasa publik, stabilitas politik yang harus tetap terjaga, keamanan dan kenyamanan hadir di Lumajang yang harus terjamin, sektor swasta yang juga harus tumbuh, pola pikir masyarakat yang progresif konstruktif.

Nah, semua ini perlu kebersamaan. Optimisme bersama, kerja keras bersama, semangat bersama, bergerak melakukan perubahan bersama. INSYAALLAH.

Sumber: 👇

https://www.facebook.com/1529741953997569/posts/2225440041094420/

Gallery for Cak Thoriq : Perpres 80 Tahun 2019. Jalan Tol Probolinggo – Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *