Beranda Kata Bijak Kata-kata bijak Umar bin Khattab bisa menjadi nasihat.

Kata-kata bijak Umar bin Khattab bisa menjadi nasihat.

128
0
BERBAGI
Kata-kata bijak Umar bin Khattab bisa menjadi nasihat.

Opera TimurUmar bin Khattab RA merupakan sosok yang mulia dan agung. Dalam sebuah riwayat disebutkan:

حَدَّثَنَا أَبُو سَلَمَةَ يَحْيَى بْنُ خَلَفٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْأَعْلَى عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ مَكْحُولٍ عَنْ غُضَيْفِ بْنِ الْحَارِثِ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ اللَّهَ وَضَعَ الْحَقَّ عَلَى لِسَانِ عُمَرَ يَقُولُ بِهِ

Telah menceritakan kepada kami Abu Salamah Yahya bin Khalaf berkata, telah menceritakan kepada kami Abdul A’la dari Muhammad bin Ishaq dari Makhul dari Ghudlaif bin Al Harits dari Abu Dzar ia berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya Allah meletakkan kebenaran pada lisan Umar yang senantiasa dia ucapkan.”

Sementara, Ali bin Abi Thalib menyebutkan: “Orang yang paling baik dari kalangan umat ini, setelah Nabi SAW, adalah Abu Bakar, selanjutnya Umar.”

Semasa hidupnya, Umar bin Khattab memberikan banyak nasihat-nasihat berupa petuah dan kata-katanya. Dalam buku Sang Legenda Umar bin Khattab karya Yahya bin Yazid Al Hukmi Al Faifi, dicatat ada 100 petuah dan nasihat Umar bin Khattab, yaitu:

1. Umar melayangkan surat kepada Abu Musa Al Asyari: “Barang siapa yang niatnya tulis dan ikhlas niscaya Allah memberinya kecukupan antara dia dan orang lain.”

2. Umar berkata, “Bertemu dan mengunjungi saudara dapat menghilangkan perasaan duka dan sedih. Maka, jika Allah memberimu karunia mendapatkan cinta dan kasih sayang seseorangm maka indahkanlah.”

Advertisements

3. “Jauhilah rasa kenyang. Karena itu akan memberatkan hidupmu dan menyusahkan kematianmu.”

4. “Dulunya kami adalah orang-orang yang hina. Kemudian Allah mengangkat derajat kamo dengan Islam. Seandainya kami menginginkan kemuliaan dari selain Islam, sungguh Allah akan mencela dan menghina kami.”

5. “Laki-laki sejati bukanlah yang kuat gertakan dan hentakan ancamannya. Teta;i yang bisa menjalankan amanah dengan baik dan menjaga kehormatan orang lain.”

6. “Perbanyaklah anggota keluarga. Sungguh kalian tidak mengetahui melalui tangan siapa rezeki itu datang.”

7. “Jika ada hewan kendaraan di Irak, maka Allah menanyakan tentang itu kepadaku, “Mengapa kendaraan itu tidak bisa berjalan wahai Umar?”

8. “Sungguh seorang hamba yang tawadhu karena Allah semata niscaya Allah akan mengangkat derajatnya, dan berkata, “Bangkit dan tegaklah, sungguh Allah telah mengangkat derajatmu!”

9. “Perbanyaklah duduk bersama orang-orang yang bertaubat. Sungguh mereka adalah orang-orang yang berhati lembut.”

10. “Saya tidak pernah peduli apa yang menimpa hidupku. Apa yang saya cintai ataupun benci. Karena sesungguhnya saya tidak tahu apakah yang saya cintai atau yang saya bencit itu baik untuk saya atau tidak.”

Advertisements

Replay